2 Day Event SITEC 2018, Konsep Ekonomi Kota Pintar

sitec
Foto : Para pelaku ekonomi antar negara

LoveusahaHari kedua event internasional forum bisnis dan ekonomi, Selangor Smart City & Digital Economy Convention 2018 (SITEC) menyoroti tentang konsep kota pintar yang dewasa ini dikembangkan di kota – kota besar negara berkembang.

Indonesia adalah salah satu negara yang mengadopsi konsep ini, salah satu masalah dari begitu banyak kehidupan modern adalah masalah mobilitas. Jutaan orang bergerak setiap hari di daerah perkotaan, pergerakan besar-besaran orang dan objek yang sangat kompleks sehingga menimbulkan lalu lintas menjadi macet.

Jalan raya rentan terhadap perlambatan dan penundaan, ruang parkir menjadi suatu kebutuhan mendesak dan transportasi umum dapat menjadi lautan orang pada saat-saat puncak perjalanan.

Sesi ini membahas tentang navigasi kebijakan lokal, daerah serta kebijakan negara tentang solusi transportasi cerdas. Peraturan dan kebijakan apa yang diperlukan serta mencari tahu mengapa tata pemerintahan yang kooperatif dan saling percaya sangat penting dalam memajukan solusi transportasi yang cerdas.

Seperti sistem manajemen lalu lintas, teknologi gelombang hijau, sistem penghitungan kendaraan ataupun juga sistem informasi kendaraan dan gps pelacakan. Juga ada konsep tentang informasi kendaraan aman dan rute kendaraan yang aman.

Konsep “kota pintar” juga akan akan menumbuhkan peluang usaha baru, bisnis baru dan perputaran ekonomi di tempat baru,  yang selama ini belum ada bahkan terpikirkan, hal ini dimungkinkan dengan dukungan kemajuan tekhnologi.

Mobilitas di kehidupan modern yang cepat dan kompleks akan menimbulkan permintaan dan penawaran baik barang dan jasa. Sebagai bagian dari kemajuan jaman, kita harus pintar dan bijak memanfaatkan tekhnologi sebagai salah satu kendaraan untuk memperbesar usaha kita. (hr)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*