5 Tips Keuangan Sehat bagi Karyawan

5 Tips Keuangan Sehat bagi Karyawan
5 Tips Keuangan Sehat bagi Karyawan

Loveusaha – Pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membuat skala prioritas. Tulis semua kebutuhan secara urut mulai dari yang paling diprioritaskan terlebih dahulu. Misalnya, jika memiliki tagihan, tulis seluruh tagihan yang dimiliki di prioritas utama. Dengan begitu, nantinya terlihat berapa banyak jumlah utang yang harus dibayarkan. Dari sana Anda mengerti utang mana yang harus dibayarkan terlebih dahulu.

Kedua adalah rencana keuangan agar tidak terjadi pemborosan dalam hidup. Jika sudah terdapat anggaran, tentu saja Anda bisa mengendalikan diri untuk tidak melanggar batas yang sudah ditentukan. Rencana anggaran tersebut meliputi pemasukan hingga pengeluaran.

Ketiga sisihkan pemasukan di awal untuk ditabungkan. Nantinya tabungan tersebut bukan sisa dari kebutuhan sehari-harinya. Jangan lupa pula untuk menyimpan dana cadangan. Setidaknya, gunakan 10% dari pemasukan untuk tabungan darurat

Keempat mulailah perketat pengeluaran yang dimiliki dengan menyisihkan sebagian uang untuk mewujudkan tujuan keuangan yang Anda sudah buat. Pangkas segala macam biaya yang mungkin tidak perlu. Bahkan, jika perlu, hilangkan berbagai macam pengeluaran yang kurang begitu penting.

Kelima adalah investasi, menabung tidak akan cukup untuk dijadikan investasi. Hal ini karena bunga tabungan yang memang kecil serta nilai inflasi yang meningkat setiap tahunnya.

Untuk itu, pentingnya menerapkan gaya hidup hemat sehari-harinya. Pangkas pengeluaran yang kurang penting dan jangan lupa untuk menabung dan berinvestasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*