5 Tips Scale Up UMKM

tips umkm

Loveusaha Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu jenis usaha yang banyak digeluti oleh masyarakat. Hasil produk karya UMKM juga patut untuk diacungi jempol. Pendapatan dari produk UMKM yang sukses terbilang cukup fantastis.

Untuk dapat meningkatkan UMKM dibutuhkan langkah-langkah yang tepat. Mengapa demikian??? Karena banyak UMKM yang awalnya sukses dengan hasil yang tinggi namun di pertengahan mengalami kemunduran usaha bahkan ada yang sampai gulung tikar. Berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan UMKM.

  • Membuat Rencana Bisnis Yang Tepat

Pelaku UMKM terlebih dahulu agar menyusun komponen yang penting dalam rencana bisnis. Hal ini bermanfaat untuk kelangsungan kelancaran bisnis yang akan dijalankan.

Contoh rencana bisnis yang penting adalah menjual produk dengan kualitas yang baik, amati pesaing usaha, menganalisis potensi pasar dan target pelanggan, mengoptimalisasikan sumber daya manusia (SDM), dan perhatikan dengan seksama dan teliti mengenai format keuangan usaha.

  • Membuat Standart Operating Procedure (SOP)

Standart operating procedure (SOP) juga sangat penting dan wajib ada pada UMKM. Hal ini bertujuan agar semua tatanan pekerjaan tertata dengan rapi dan berjalan dengan baik. Jika hal ini dilakukan dengan baik maka semua pekerjaan yang ada dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien.

  • Tentukan Segmentasi Pasar

Setiap pasar memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, untuk itu pelaku UMKM harus benar-benar membidik dengan jeli untuk segmentasi pasarnya.

Dengan melakukan langkah ini produk keluaran dari UMKM akan lebih cepat tersalurkan karena sudah mengetahui kemana arah penjualan produk.

  • Memanfaatkan Media Internet

Kemajuan teknologi saat ini memang sangat membantu memudahkan segala aktivitas bagi banyak orang. Salah satunya yang diuntungkan adalah pedagang.

Jangkauan internet yang luas dapat dimanfaatkan oleh para pengusaha untuk memperluas pasar dan memperkenalkan produk dengan mudah kepada orang lain. Cukup dengan menggunggah gambar pada sosial media di internet akan ada banyak orang yang tertarik membeli produk milik UMKM.

  • Melakukan Evaluasi Secara Rutin

Kegiatan ini memiliki peranan yang sangat penting dalam kemajuan UMKM. Melalui kegiatan evaluasi dapat dilihat seberapa banyak produk yang sudah terjual, respon dari pelanggan terhadap produk yang dijual, kelebihan dan kekurangan produk, dan laju arus keuangan UMKM.  

Tujuan dari kegiatan evaluasi UMKM adalah menjadi pedoman dalam perencanaan bisnis di tahun mendatang, mengetahui pencapaian produk UMKM hingga hambatan atau masalah yang dihadapi mengenai produk UMKM. (ntw)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*