Almarhum Chrisye Sahabat Dekat Guruh Sukarno Putra

Almarhum Chrisye Sahabat Dekat Guruh Sukarno Putra
Foto : Chrisye dan Guruh Soekarno Putra

Loveusaha Sembilan tahun silam, Indonesia berkabung, karena kehilangan sosok seniman musik terbaik yang pernah dimiliki negeri ini. Sosok sederhana bernama besar, Chrisye, wafat tanggal 30 Maret 2006 lalu. Jasadnya kini sudah terkubur damai dalam kesunyian di TPU Jeruk Purut, namun lagu-lagu yang pernah dinyanyikannya bakal selalu dikenang sepanjang masa.

Chrisye, penyanyi popular lintas jaman yang lagu-lagunya meledak di pasaran di era 1970an, 1980an, 1990an serta 2000an. Banyak lagu yang pernah dipopulerkan oleh mendiang Almarhum Chrisye hingga sekarang masih sering dinyanyikan oleh orang dalam berbagai pertunjukan musik, program-program acara tivi, maupun dinyanyikan dalam ruang karaoke.

Sepanjang 40 tahun berkecimpung dalam dunia musik, Almarhum chrisye akrab berkolaborasi dengan beberapa pencipta lagu, salah satunya dengan Guruh Sukarno Putra (GSP). Persahabatan Chrisye dengan GSP sudah berlangsung sejak tahun 1976. Kala itu Chrisye merupakan vokalis band Gipsy, dan bekerja sama dengan GSP membuat proyek album eksperimental fenomenal ‘Guruh Gipsy’.

Setelah berkolaborasi bareng dalam pembuatan album ‘Guruh Gipsy’, kerjasama harmonis antara Chrisye dan Guruh berlangsung hingga awal 2000an. Chrisye menyanyikan puluhan lagu bermutu tinggi karya cipta Guruh Sukarno Putra. Sebagian besar lagu karya GSP yang dibawakan oleh Chrisye sukses besar di industri musik Indonesia.

Lagu-lagu ciptaan GSP sangat khas, bertabur lirik-lirik bermakna, serta berbalut nada-nada bernuansa etnik nusantara. Berbagai lagu karya GSP selalu pas jika dinyanyikan oleh Chrisye, menggoda pendengar untuk menyenandungkan lagu tersebut. (***)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*