Angkie Yudistia, Wanita Tuli Pendiri Thisable Enterprise

angkie yudistia
Foto : Angkie Yudistia

LoveusahaMenjadi wanita tuli sejak duduk di bangku kelas 2 SD tidak menjadikan Angkie Yudistia menjadi sosok yang lemah. Thisable Enterprise didirikannya dengan misi memberdayakan disabilitas Indonesia secara ekonomi di dunia tenaga kerja.

Social enterprise ini dibuat berdasarkan pengalamannya. Meskipun Angkie memiliki gelar S2 namun sering mendapatkan puluhan kali penolakan di dunia kerja karena pendengarannya. Banyak perusahaan menolak karena Angkie adalah wanita tuli dan tidak dapat menjawab telepon.

Finalis Abang None 2008 ini menginginkan agar difabel lainnya dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya. Hal ini merupakan tujuan dari terciptanya usaha yang dimilikinya yaitu menciptakan akses bagi difabel agar mendapatkan pekerjaan serta memberikan kegiatan pemberdayaan.

Thisable ini telah melewati banyak proses bahkan Angkie sempat mengungkapkan bahwa ia hampir menyerah namun kemudian berhasil survive.

Kesulitan yang dihadapinya adalah membangun awareness masyarakat. Sampai kini image yang ada adalah cacat, karena itulah Angkie berusaha keras untuk tetap mempertahankan Thisable Enterprise yang berdiri sejak tahun 2015.

Para difabel yang tergabung di dalamnya akan diberikan training serta pelatihan yang diurus oleh tim yang sabar. Usahanya yang gigih berhasil merangkul sekitar 1500 difabel dengan berbagai kekurangan yang dimiliki. Dari jumlah tersebut kemudian dilakukan asesmen untuk bisa membedakan difabel tipe vocasional dan profesional.

Setelah menjalani training dan pelatihan, difabel itu bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuannya. Menurut Anggi saat ini tipe vocasional bekerjasama dengan perusahaan jasa online sedangkan tipe profesional bekerja sama dengan perbankan.

Thisable Enterprise yang didirikan oleh Angkie ini mampu membantu mengurangi angka pengangguran terutama bagi difabel di Indonesia. 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*