Batik Kendedes Singosari Wujud Nyata Local Wisdom

batik kendedes
Foto : Motif sekar naga Batik Kendedes

Loveusaha – Berawal dari kecintaan terhadap kain batik mendorong Hendrawati, perempuan yang tinggal di Randuagung, Singosari kabupaten Malang untuk membangun usaha batik Kendedes Singosari.

“Awalnya saya sangat awam dengan yang namanya batik tulis, hingga pada suatu hari ibu RW di daerah saya, mengirim saya untuk mengikuti pelatihan membatik yang diadakan oleh Disperindag kabupaten Malang. Maka dari situlah kemampuan membatik saya mulai dibentuk. Sejak latihan tersebut saya sangat semangat untuk membatik sendiri,” ujar Hendrawati

Awalnya hanya belajar membatik, hingga akhirnya Hendrawati bisa terinspirasi untuk bisa menciptakan motifnya sendiri. Setiap malam saat yang lain sedang terkelap tidur, maka disaat itulah dia mulai mendapatkan wangsit akan motif batik yang akan dibuat.

Motif yang dibuat memang mengacu pada sosok Kendedes yang sangat khas dengan daerah Singosari. Kebanyakan motif batik tulis ini, terinsipirasi dari relief candi Singosari dan juga ornament tumbuhan dan hewan.

Karena ada darah keturunan dari Yogyakarta sehingga ada keinginan melestarikan budaya bangsa melalui batik. Dan keinginan tersebut mendapatkan titik terang ketika dua motif batik Kendedes yaitu Wono Randu dan Sekar Naga sudah diakui hak ciptanya oleh pemerintah.

Tak mau berhenti di situ saja, Hendrawati pun tiada henti mengikuti berbagai macam pelatihan serta pameran, hingga akhirnya batik tulis Kendedes Singosari banyak dikenal oleh masyarakat luas. Anda bisa lihat macam produk dari batik Kendedes dengan mengunjungi instagram dan Fb Batik Singosari. (ary)

1 Comment

  1. Budaya Indonesia khususnya di bidang batik memang sangat indah untuk dijadikan obyek sehingga batik menjadi perhatian khalayak dan wujut nyata bangsa Indoneia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*