Berawal dari Menyukai Roti Maryam Menjadi Ladang Bisnis Menjanjikan

roti maryam

Loveusaha – Lidah masyarakat Indonesia banyak yang menyukai makanan khas negara tetangga. Beberapa diantaranya seperti makanan khas Jepang, Korea, hingga Timur Tengah. Salah satu pengusaha yang menekuni bisnis tersebut adalah Murzhiany.

Wanita yang akrab di sapa Murni ini, akhirnya mulai memberanikan diri memulai membuka usaha pada 22 Januari 2016. Ketika itu modal pertama yang harus dikeluarkan sekitar Rp.500.000,- untuk memulai bisnis roti maryam.

Jenis produk yang ditawarkan tak hanya roti maryam saja. Ada parata dan juga karipap. Makanan ini dikemas dan dikreasikan dalam frozen food. Harganya mulai dari  Rp.8.000,- hingga Rp.30.000,-.

Omset yang di dapatkan Murni sebelum masa pandemi rata-rata Rp.20.000.000,-. Namun pada masa pandemi rata-rata Rp.12.000.000,- untuk pendapatan dalam satu bulan.

Setiap usaha tentunya selalu ada pengalaman yang menyenangkan dan menyedihkan. Ibu dua orang anak ini menjelaskan pengalaman suka dan dukanya ketika menjalankan usaha makanan.

Baca juga : https://www.loveusaha.com/berita/sensasi-rujak-soto-mbok-mbret/

“Kalau senangnya itu ketika ada orderan terus menerus, bahan baku lancar ketersediaannya, produksi lancar, karyawan tidak ada yang berhalangan masuk kerja. Sehingga bisa realtime memberi pelayanan ketersediaan produk kepada pelanggan,” jelas Murni.

Untuk pengalaman yang kurang menyenangkan Murni menjelaskan “Ketika produk dikembalikan karena produk belum memiliki izin edar. Kategori produk frozen food izin edar nya BPOM. Dan bagi pelaku UMKM untuk mendapatkan izin edar ini masih sulit terjangkau baik biaya maupun tempat pengurusannya,” katanya.

“Kalau izin edar P-IRT (Makanan kering yg tahan lebih dari 1 bulan) pengurusan bisa di Dinkes setempat. Tetapi kalau kategori makanan cair, minuman, frozen food izin edar BPOM pengurusan harus ke regional. Dalam hal ini regional Jawa Timur kantor BPOM hanya ada di Surabaya,” jelas bu Murni.

Wanita berusia 38 Tahun ini berharap kedepannya bisnis yang dijalankan bisa bermain di dalam lingkup nasional baik pasar modern maupun pasar – pasar kecil, Agen Frozen Food, Toko Frozen Food yang mampu bersaing dengan produk-produk pabrikan.

Perizinan dipermudah sehingga bisa memasarkan produk keluar negeri. Beberapa waktu lalu kami juga sudah pernah ada orderan ke luar negeri ke Hongkong tapi hanya sebatas reseller aja (penjual perorangan).

Hingga saat ini dalam menjalankan usahanya, Murni dibantu oleh 4 orang karyawan. Sistem promosi yang dipilih oleh wanita dengan gelar Sarjana Pendidikan, melaui media sosial seperti facebook, instagram, dan fanpage.  

Bagi Anda yang berada di Wilayah Malang dan sekitarnya dan tertarik dengan roti maryam, parata, dan karipap dapat langsung mengunjungi tokonya di Perumahan City Side Residence H 15 Jalan Raya Lowokdoro Malang.

Dapat juga melihat akun sosmed facebooknya di Alifa Food Malang dan instagramnya @ alifa_food_malang. Untuk info lebih lanjut dapat langsung menghubungi pada nomor WhatsApp 082257777937. (n2)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*