Berkah Usaha Jelang Pileg dan Pilpres 2019

Foto : Macam- macam mesin cetak

LoveusahaTahun 2019, Pileg dan Pilpres akan dilaksanakan secara serentak. Momen ini membawa berkah bagi para pelaku usaha percetakan, karena mereka kebanjiran order dari para caleg yang memesan alat peraga kampanye (agaka).

Alat peraga kampanye yang dipesan berupa banner, spanduk, stiker yang berisi foto caleg, slogan, nomor urut dan partai pengusung. Agar para pemilih lebih mengenal wakil rakyat yang akan dipilihnya.

Tidak hanya itu saja, agaka juga bisa berupa kaos, mug cantik, paying, ada juga gantungan kunci. Tergantung dari jumlah dana yang dimiliki caleg itu sendiri.

Saat pemilu begini para pengusaha percetakan omsetnya naik 50-100 persen. Para pegawai harus lembur, bahkan juga harus menambah mesin operasional baru untuk menyelesaikan pesanan para caleg ini.

Ada juga sebuah percetakan di Cianjur, yang sampai menyewa tempat baru, khusus untuk menampung pesanan momen lima tahun sekali ini.

Di tahun politik ini, ada juga hal yang tidak mengenakkan yang dirasakan pengusaha percetakan. Jika caleg yang memesan alat peraga itu kalah dalam pemilu, kemungkinan caleg tidak melunasi uang pesanan kepada pihak percetakan.

Bahkan salah satu pemilik percetakan menceritakan, pernah rugi puluhan juta, sampai tidak jadi membeli sepeda motor untuk anaknya. Untung rugi dalam bisnis adalah hal biasa, karena itu pemilik percetakan meminta uang muka yang cukup untuk menutupi biaya produksi, agar kerugiannya tidak terlalu besar. Semoga pemilu tahun ini membawa berkah untuk seluruh masyarakat Indonesia. (San)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*