Bikin Bebek Goreng Yang Empuk Dan Gurih Yuk!

Foto : Satu porsi bebek goreng

Loveusaha Ada banyak jenis makanan yang dijadikan favorit  orang Indonesia, seperti ayam goreng dan berbagai jenis daging atau ikan lainnya. Dan dari beberapa diantaranya ada satu yang juga menjadi menu favorit sahabat kuliner, yaitu bebek goreng.

Selain karena ita rasa yang khas ternyata daging bebek juga memiliki kandungan lemak yang tinggi. Banyak sekali zat yang terkandung dalam daging bebek, diatantaranya kayanya akan kandungan protein, kalori, lemak sehat, vitamin b6, zat besi, mineral, vitamin b12 dan yang lainnya.

Selain karena banyaknya kandungan zatnya ternyata daging bebek juga diketahui  bagus untuk menjaga stamina otot didalam tubuh dan juga menjaga tekanan darahnya karena kandungan sodium didalamnya.

Meskipun daging bebek terkenal akan berbagai manfaatnya, ternyata daging bebek juga terkenal akan sulitnya proses mengolahnya.

Tetapi pada tulisan ini kita akan berikan resep membuat bebek goreng yang tidak menyulitkan sahabat kuliner. Langsung saja yuk dibaca !

Bahan utama :

1 ekor bebek

1 buah perasan jeruk nipis, untuk menghilangkan bau amisnya

6 lembar daun jeruk purut

3 batang serai, memarkan atau geprek

3 cm lengkuas, geprek

1 bungkus penyedap rasa ayam

Gula pasir secukupnya

Minyak goreng, secukupnya

Bahan bumbu yang dihaluskan :

10 siung bawang merah

7 siung bawang putih

7 cm lengkuas muda, diparut

4 butir kemiri

Ketumbar secukupnya, disangrai dulu sebelum dihaluskan

4 cm kunyit

4 cm jahe

Garam secukupnya

2 batang serai, ambil bagian putihnya dan iris halus

Merica biji secukupnya

Cara memasak :

Untuk membuat bebek goreng yang gurih dan empuk, anda bisa siapkan semua bahan yang dibutuhkan tanpa ada yang tertinggal.

Pertama-tama bersihkan dahulu bebek yang sudah anda pilih. Pastikan bebek muda dan anda suka memotong, membersihkan bulunya dan di cuci hingga bersih.

Setelah bebek sudah dicuci bersih, lumuri bebek dengan perasan air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amisnya.

Berikan didalam baskom atau panci kemudian tutup rapat dan diamkan dilemari es selama 30 menit lamanya.

Sambil menunggu bebek, anda bisa buat bumbu halusnya. Setelah 30 menit, ambil daging bebek kemudian bersihkan dengan air bersih lalu tiriskan.

Siapkan panci untuk menggodok daging bebek. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan lalu beri air secukupnya, masak dengan api sedang hingga airnya mendidih.

Setelah air mendidih, kecilkan api dan masak daging bebek hingga empuk. Jika daging belum empuk dan airnya menyurut, maka anda bisa menambahkan sedikit demi sedikit hingga daging bebek benar-benar empuk.

Setelah daging bebek mulai terasa empuk, cicipi rasanya apa yang kurang dan anda bisa menambahkan garam atau gula jika dibutuhkan.

Setelah rasanya sudah enak dan daging sudah empuk, matikan kompor kemudian diam kan daging selama kurang lebih 1 jam, supaya bumbu dan rerempahannya meresap kedalam daging.

Setelah sudah 1 jam, goreng daging bebek dengan menggunakan minyak yang panas supaya daging bebek benar-benar kering dan renyah.

Goreng daging seperlunya atau semua hingga warnanya berubah kuning kecoklatan dan kering. Setelah matang, angkat dan tiriskan.

Bebek goreng gurih empuk siap untuk dihidangkan. Bagaimana? Mudah kan? (rl)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*