BINQI : Tempe Menjadi Bintang Rizqiku

binqi
Foto : Varian choco tempe BINQI

Loveusaha – Berawal dari kebiasaan yang tak suka diam, maka terlintaslah sebuah ide untuk menciptakan produk yang langka namun bahannya mudah ditemukan.

Akhirnya pilihan jatuh pada tempe yang saat itu persediaannya lumayan banyak di kulkas. Selanjutnya dengan tangan terampil dapat mengolah tempe tadi menjadi brownies tempe.

Dialah Indarti yang lebih familier dengan panggilan bu Iin, sosok perempuan kreatif dibalik nama produk BINQI.  Pada tahun 2010 brownies tempe memang belum ada, bu Iin mengawali bisnis dari brownies tempe ini dan diberi nama Bintang Rizqi. Tak mudah memang berbisnis brownies tempe ini, bahkan produk ini banyak ditolak oleh konsumen.

Namun Indarti tak patah semangat, hingga akhirnya bisa mendapatkan ijin P-irt dari dinas terkait dan akhirnya produk tersebut sudah mulai diterima oleh konsumen, kemudian banyak dijual oleh toko oleh-oleh di kota Malang.

Sayang seiring dengan berjalannya waktu, banyak orang yang meniru usaha ini. Hingga akhirnya Indarti memberanikan diri untuk mengajukan HAKI atas produknya ke pemerintah.

Tak gampang untuk mendapatkan hal tersebut, awalnya memang ditolak dengan alasan produk yang  mirip dengan produk lain. Hingga akhirnya mendapatkan HAKI namun harus mengganti nama produk tersebut menjadi BINQI.

Dengan semakin banyak mengikuti pelatihan UMKM yang diadakan oleh pemerintah membuat produk Indarti semakin terkenal, hingga puncaknya diundang oleh acara Hitam Putih di Trans7 yang semakin membuat produk BINQI terkenal hingga ke seluruh Indonesia. (ary)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*