Bisnis Kerajinan Anyaman Tembus Pasar Dunia

mendong

Loveusaha – Hasil kerajinan anyaman yang dikerjakan para perajin di daerah pedesaan, khususnya di Kabupaten Gianyar, Bangli dan Karangasem itu merupakan salah satu dari puluhan jenis komoditas hasil kerajinan yang mampu menembus pasar dunia.

Kerajinan anyaman itu dikombinasikan dengan rotan hasil keterampilan para perajin setempat. Sehingga karya tersebut banyak diminati konsumen baik lokal maupun mancanegara. Kerajinan tersebut seperti perabotan rumah tangga dari anyaman bambu kombinasi rotan, aneka jenis patung yang unik, khas dan menarik dibuat dari akar bambu oleh para tangan terampil.

Bali cukup menyumbang penghasilan atau devisa yang besar untuk Indonesia. Ekspor berbagai jenis kerajinan anyaman dari Bali menghasilkan devisa tercatat sebesar 1,002 juta dolar AS selama bulan Februari 2018, atau meningkat 243.652 dolar AS (32,13 persen) dibandingkan dengan bulan Januari 2018 yang tercatat 758.353 dolar AS.

Selain Bali, ternyata beberapa daerah di Indonesia juga memiliki sumbangsih yang besar untuk keuangan negara kita. Kerajinan anyaman bambu Kecamatan Petanahan Kebumen sudah dilirik oleh sebuah perusahaan ekspor untuk diproduksi sebagai produk ekspor berkualitas.

Baca juga : https://www.loveusaha.com/berita/tips-memulai-bisnis-pet-shop-unik-dan-masih-jarang-pesaing/

Pihak eksportir meminta agar perajin membuat boks atau kotak anyaman bambu untuk usaha cuci baju atau laundry di sejumlah negara Asia, Eropa dan Amerika.

Menurut Kepala Perdagangan Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kebumen, penandatanganan kontrak kerja sama antara eksportir dengan perajin tak bisa dilakukan secara serta merta, karena harus melalui sejumlah tahapan terlebih dahulu.

Sejak Juli 2019 lalu puluhan perajin telah dilatih secara khusus oleh eksportir tersebut untuk membuat kotak laundry anyaman bambu berkualitas ekspor.

Sandi merupakan salah satu pelaku usaha ekspor kreatif produk anyaman dari Tasikmalaya. Produksi bahan anyaman terbuat dari bahan dasar pandan dan mendong.

Mendong adalah sejenis ilalang atau padi-padian yang dikeringkan kemudian dianyam. Beberapa produk mendong dan pandan adalah seperti tikar, topi, tas jinjing, taplak meja, alas kaki serta lainnya.

Jadi itulah beberapa informasi terkait kerajinan anyaman yang ternyata bisa tembus pasar global. Dapat diketahui juga ternyata selain tikar sebagai hasil dari kerajinan anyaman, ternyata sebagian trend fashion juga ada yang terbuat dari anyaman. (rl)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*