Bisnis Kuliner Nasi Krawu Sufayah (Nasi Krawu Mbuk Su)

Nasi Krawu Sufayah
Foto : Nasi krawu Gresik

LoveusahaAnda penggemar menu rumahan atau menu tradisional? Sepertinya anda perlu mencoba kuliner yang satu ini. Nasi Krawu Sufayah atau yang lebih hits dengan sebutan Nasi Krawu Mbuk Su.

Nasi Krawu Sufayah sebetulnya kuliner khas dari Gresik. Krawu berasal dari kata krawuk – krawuk (Bahasa Gresik).

Karena ketika mengambil makanan yang akan dihidangkan dengan langsung diambil dengan tangan atau dikrawuk. Namun ada juga yang mengatakan krawu berarti parutan kelapa yang dicampur bumbu.

Nasi Krawu ini sudah sangat terkenal bukan hanya di Gresik saja, namun juga ke berbagai kota lain. Dan saat ini cabang Nasi Krawu Sufayah sudah tersedia di Kota Surabaya.

Awalnya Nasi Krawu Sufayah tidaklah sebesar ini namanya. H. Sufayah memulai bisnis ini dengan berjualan nasi krawu keliling kampung sekitar tahun 70an.

Dari situlah ia memiliki banyak pelanggan dan kian waktu pelanggannya semakin banyak. Bahkan warungnya tak pernah sepi dari pengunjung.

Setelah H. Sufayah meninggal, usaha Nasi Krawu ini diteruskan oleh anak – anak serta cucunya yang kini sudah memiliki banyak cabang.

Dalam 1 porsi Nasi Krawu Sufayah terdiri dari beberapa komponen, antara lain:

  • Nasi putih
  • Daging sapi yang empuk banget
  • Mangut (parutan kelapa yang dicampur kluwek dan bumbu)
  • Sambal yang khas
  • Abon kelapa
  • Krawu (parutan kelapa dan bumbu plus cabe)

Jika anda penasaran seperti apa cita rasa dari Nasi Krawu ini langsung aja kunjungi warung Nasi Krawu Sufayah yang terletak di Jl. Raden Santri no 19 Gresik atau cabangnya juga ada di Jl. Manyar Kertoarjo Surabaya. (ary)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*