Budaya Sebagai Identitas Bangsa

Budaya Sebagai Identitas Bangsa

Loveusaha РMengenalkan budaya kepada anak Рanak kita adalah merupakan suatu keharusan, karena di tengah kompetisi global dan dalam pergaulan internasional kebudayaan akan menjadi suatu identitas dan sarana komunikasi antar bangsa. Sehingga di tengah maraknya budaya asing yang masuk lewat berbagai media, anak Рanak tidak akan mudah terpengaruh.

Hal ini pula yang mendasari event pengenalan budaya sejak dini di Cafe Ria Djenaka yang diprakarsai oleh ibu Nana Loemikar. Tidak serta merta dikenalkan secara langsung tetapi anak – anak dibuatkan lomba menghias pancake sebagai motivasi mereka untuk mau datang, sekitar jam 10.00 WIB kesenangan menghias pancake ini dimulai dan berlangsung selama satu setengah jam. Kemudian melakukan penilaian dan mengumumkan pemenangnya sambil bersantai disertai suguhan makanan dan minuman ala cafe Ria Djenaka.

Sambil beristirahat anak – anak diberikan tontonan menarik berupa kesenian tradisional. Tari topeng Malang yang pertama ditampilkan kemudian dilanjutkan dengan tarian lainnya secera berkelompok. Anak – anak ini antusias untuk melihat, foto dan bertanya kepada orang tuanya. Kita sebagai orang tua sebaiknya dapat mengenalkan budaya bangsa kepada anak – anak, yang dapat dimulai dari masyarakat sekitar kita dalam bentuk kearifan lokal yang beraneka ragam.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*