Cak Kartolo Legenda Seni Ludruk Jawa Timur

cak kartolo
Foto : Rumah Cak Kartolo

Loveusaha – Ludruk adalah suatu kesenian drama tradisional dari Jawa Timur. Ludruk merupakan suatu drama tradisional yang diperagakan oleh sebuah grup kesenian yang dipergelarkan di sebuah panggung dengan mengambil cerita tentang kehidupan rakyat sehari-hari, cerita perjuangan, dan sebagainya yang diselingi dengan lawakan dan diiringi dengan gamelan sebagai musik

Mengetahui seni Ludruk kurang lengkap kalau kita tidak mengenal salah satu maestro ludruk Jawa Timur, dia adalah Kartolo atau yang akrab dipanggil Cak kartolo, pria kelahiran kota Pasuruan 73 tahun yang lalu.

Loveusaha berkesempatan untuk bertatap muka dengan legenda Ludruk ini, memasuki kawasan rumahnya yang terletak di pemukiman padat penduduk khas Suroboyo yang bersih di jl. Kupang Jaya 1 kota Surabaya.

“Yo opo kabare rek, wis suwe gak ketemu, ayo sarapan dhisik nang warung ngarep tapi mbayaro dewe yo,” kelakar Cak kartolo, semua yang hadir pun tertawa.

Obrolan dengan Cak kartolo seputar tentang dunia seni Ludruk yang masih eksis sampai sekarang, membandingkan Ludruk di jaman mudanya dengan Ludruk era milenial sekarang ini.

Semuanya tidak terlepas dari dukungan setiap lapisan masyarakat yang mengangkat dan tidak meninggalkan warisan budaya bangsa ini, sehingga potensi bisnis dari kesenian Ludruk pun akan mengikuti.

Membranding seni Ludruk kepada generasi muda melalui berbagai sarana yang ada dan dipunyai oleh masyarakat, salah satunya melalui media sosial,  membuat seni Ludruk dapat mudah dikenalkan. (hr)

 

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*