Cantuka Kreatif, Kerajinan dari Limbah Popok Bayi

popok bayi
Foto : Kertas popok bayi bahan baku tas dan dompet

Loveusaha – Kita tahu tempat penampungan sampah semakin hari semakin menggunung sampahnya, meskipun sudah banyak yang didaur ulang.

Ini karena tak semua sampah mudah didaur ulang, nah salah satu sampah atau limbah yang masih belum banyak dimanfaatkan adalah popok bayi.

Untuk mengatasi hal tersebut, Cantuka Kreatif hadir di tahun 2011. Berawal dari pelatihan yang diadakan oleh Dinas Koperasi Kota Malang yang mengharuskan untuk mengurus bank sampah dan mengolah limbahnya. Akhirnya memutuskan memilih popok bayi sebagai bahan bakunya.

Popok bayi yang jika dilihat tak bernilai dan menjijikkan, namun di tangan anggota Cantuka Kreatif popok bayi bisa diolah, kertas popok bayi yang dapat menghasilkan benda yang bernilai seni dan bernilai tinggi.

Popok bayi ini bisa disulap menjadi souvenir yang cantik, bunga, tas, dompet, dll. Yunita lestari Ningsih sebagai ketua tim Cantuka kreatif tak mau berhenti belajar untuk memajukan usaha ini.

Bahkan sering mengikuti pelatihan baik yang berbayar maupun free. Untuk pemasaran produk Cantuka Kreatif menggunakan media online dan offline.

Sudah memiliki blog yang bernama daurulangkerajinan.blogspot.co.id yang tak menjual kerajinan dari popok saja, namun masih banyak kerajinan lain yang juga dari limbah. Kedepannya Cantuka Kreatif bisa menginsipirasi banyak orang untuk dapat menciptakan barang yang bernilai dari limbah. (ary)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*