Cerita dari Secangkir Minuman Teh

teh

Loveusaha – Teh kini telah mendunia dengan kombinasi jenis, rasa dan aroma yang beragam. Seperti kata iklan di TV, perjalanan teh yang nikmat selalu dimulai dari pucuknya.

Setelah dipetik, teh kemudian dijemur atau ditiriskan dalam ruangan berangin lembut untuk mengurangi massa teh hingga sepermpatnya. Proses oksidasi teh kemudian dipecepat dengan menggelindingkannya menggunakan roda berat, proses ini dilakukan untuk meningkatkan cita rasa teh.

Teh terbagi menjadi tiga jenis, tergantung proses fermentasi. Teh hitam atau merah, melalui proses fermentasi penuh, teh olong semi fermentasi dan teh hijau tanpa proses fermentasi.

Baca juga : https://www.loveusaha.com/berita/pesona-lampu-hias-tak-menyerah-mencari-nafkah-di-tengah-pandemi-corona/

Teh hitam adalah jenis teh yang paling banyak diproduksi di Indonesia. Di wilayah Asia teh hitam lebih dikenal dengan sebutan teh merah, karena warna larutan yang dihasilkannya. Sedang jenis teh putih, dikenal sebagai dewa-dewi teh, karena diambil dari pucuk daun terbaik di setiap pohon.

Menurut cerita rakyat di China, teh menjadi minuman karena suatu kebetulan, ketika sehelai daun teh yang diterbangkan angin tiba-tiba masuk kedalam teko air panas milik kaisar Shen Nong.

Dari China kemudian menyebar ke semua penjuru dunia lewat jalur perdagangan. India punya versi kisah berbeda tentang teh, pangeran Budi Darma gagal bermeditasi 9 tahun tanpa tidur, kemudian merobek kelopak matanya sendiri dan membuangnya ke tanah, yang diyakini tumbuh jadi daun teh.

Konon katanya, minum teh bisa mendamaikan suasana hati. Karena penelitian mengungkapkan bahwa teh bisa menurunkan tingkat hormon cortisol yang jadi penyebab stress.

Tiap negara memiliki cara sendiri dalam menyeduh teh. Tidak hanya diseduh begitu saja, teh juga dapat dicampur dengan kayu manis, jahe, cengkeh, kapulaga hingga lada.

Dikenal dengan sebutan chai tea di India. Menurut William Ewart, “Secangkir teh akan menghangatkanmu ketika kedinginan, mendinginkan ketika kepanasan dan menghibur saat tertekan, menenangkan saat terlalu bersemangat.” Minum teh baik untuk segala suasana, selamat menikmati. (san)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*