Dawet Jabung Bu Sumini Bertahan Hingga Tiga Generasi

dawet jabung

Loveusaha Jika sedang jalan-jalan ke Ponorogo, di kawasan perempatan lampu merah arah Jetis-Siman-Gontor-Ngabar, anda pasti akan menjumpai banyak penjual dawet jabung.

Dawet ini adalah salah satu minuman khas yang legendaris. Mengapa dinamai dawet jabung? Yups karena usaha ini dirintis oleh warga desa Jabung Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo sejak tahun 1960.

Salah satu penjual dawet jabung yang selalu dikerumuni pembeli adalah Bu Sumini, bertahan hingga tiga generasi. Kelezatannya juga tidak berubah dari awal hingga sekarang tetap dicinta.

Keluarga Bu Sumini sudah berjualan dawet jabung sejak tahun 1970, awalnya yang merintis adalah Ibu Aminah, kemudian dilanjutkan oleh Ibu Sumini, sekarang warung dawet sudah dikelola oleh anak Ibu Sumini, Ibu Muntamah.

Baca juga : https://www.loveusaha.com/berita/tertarik-usaha-kue-begini-cara-mulainya/

Ciri dawet jubung adalah cendol kecil berwarna coklat, juga gempol yang terbuat dari tepung beras, dibentuk bulat menyerupai bakso, ada ketan hitamnya juga.

Dulu pemanis yang digunakan berasal dari perasan aren, tapi karena pohon aren semakin sulit ditemukan, kini pemanisnya diganti gula jawa. Jangan khawatir rasanya dijamin tetap seger pake banget.

Jika santri pondok gontor sedang libur, banyak yang datang untuk menikmati dawet bu Sumini. Sayangnya lokasi parkir di warung dawet bu Sumini sempit, jadi jika datang menggunakan mobil, terpaksa diparkir agak jauh dari lokasi.

Tapi lelahnya akan segera hilang setelah menikmati semangkok dawet yang segar, ditemani aneka jenis gorengan yang gurih. Minum dawet bu Sumini memang bikin nagih, yang paling penting harganya itu sangat bersahabat per mangkoknya hanya Rp 5.000.

Buat yang penasaran mencoba segarnya es dawet bu Sumini, warung buka setiap hari pukul 09.00-16.00. Berlokasi di Jalan Raya Dusun 2 Jabung, Mlarak, Ponorogo Regency, Jatim. Untuk pemesanan bisa melalui nomor 0853-3591-9338.(san)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*