DK Balong Kuwuk Jadoel Bikin Lumer di Mulut

Loveusaha Bagi orang Indonesia keripik merupakah salah satu camilan paling populer yang digandrungi semua kalangan tak terkecuali anak-anak. Salah satu keripik paling terkenal adalah keripik singkong selain bahannya mudah didapat keripik yang satu ini bisa diolah dengan berbagai teknik berbeda namun tetap gurih dan renyah.

Salah satu produk keripik singkong yang ada di kota Malang adalah DK Balong Kuwuk Jadoel, mungkin bagi anak muda jaman sekarang banyak yang bingung dengan penamaannya yang terkesan aneh. Tapi bagi Anda yang lahir tahun 70 an pasti tidak asing dengan nama ini karena balong kuwuk adalah nama lain dari keripik singkong bukan irisan tipis tapi yang tebal.

Dikutip dari berbagai lama internet proses pembuatannya pun relatif mudah pertama Lepaskan / kupas kulit singkong kemudian cuci bersih dengan air mengalir kemudian potong-potong dengan panjang sekira 6-7 cm lalu kukus singkong hingga matang dan biarkan hingga suhunya normal.

Iris tipis kira- kira 1 mm kemudian jemur hingga kering, bila panas terik bahan akan kering dalam waktu 2 jam lalu goreng dengan api sedang, jika sudah matang angkat lalu tiriskan dan taburkan garam sesuai selera atau dibuat inovasi dengan berbagai gula dan cabe kemudian hidangkan ketika suhu camilan sudah normal.

Produk keripik DK Balong Kuwuk Jadoel sendiri didirikan oleh Lilik Eko Sulistiowati enam bulan lalu dengan masih satu varian yaitu manis. Untuk memenuhi permintaan pelanggannya Lilik dibantu oleh satu orang asisten.

Keripik singkong buatannya dijamin berasal dari bahan terbaik dan pilihan sehingga rasanya lebih alami, enak, gurih, renyah dan tanpa bahan pengawet dijamin maknyusss dan ngangenin kelakarnya waktu itu.

“Karena relatif baru pemasaran baru melalui mulut ke mulut saja ke teman-teman dekat dan relasi rekanan di Malang Raya juga ikut pameran-pameran UMKM dan melayani pesanan via WA. Awalnya saya usaha ini dari coba-coba berinovasi kok banyak yang suka karena rasa manis keripik buatan saya pake gula merah asli dan orang pada bilang rasa manisnya pas dan rasanya enak,” kenang Lilik.

Saat ini Lilik masih terkendala jaringan pemasaran produknya dan juga permodalan. Dirinya berharap bisa mendapatkan order dan pelanggan yang lebih banyak sehingga bisnisnya bisa makin berkembang.

” Ingin bisa mengikuti pelatihan-pelatihan wirausaha dan UMKM baik dari sisi pelatihan skill maupun pemasaran jadi saya bisa memasarkan balong kuwuk jadoel ini dengan jangkauan yang lebih luas, termasuk mengikuti pameran UMKM karena pembelian lebih banyak kalau pas ada pameran.”

Selama berbisnis keripik singkong Lilik juga pernah menerima penolakan konsumen terhadap produknya namun hal itu tak membuatnya patah semangat dan makin bersemangat.

” Sering saya menemui rekanan atau konsumen yang memandang sebelah mata atau bahkan menolak produk ini tapi saya terus membujuk mereka untuk mencoba dan ternyata mereka malah suka.” jelas Lilik.

Sejarah DK Balong Kuwuk Jadoel sendiri sebenarnya nama awalnya keripik singkong, namun karena banyak yang menyebutnya sebagai balong kuwuk maka Lilik mengganti nama produknya menjadi DK Balong Kuwuk Jadoel.

Saat ini Lilik tengah mengusahakan ijin PIRT untuk produknya agar dapat menjangkau pemasaran yang lebih luas. Anda tertarik mencicipi keripik manis yang satu ini bisa mendatangi rumah produksinya yang beralamat di Jalan Simpang Borobudur Utara IX/32 kota Malang. (da)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*