Es Krim Ragusa, Toko Es Krim Tertua Di Jakarta

es krim ragusa
Foto : Es Krim Ragusa

LoveusahaDi tengah panasnya kota Jakarta membuat semua orang ingin melepas dahaga. Gambir, daerah di Jakarta yang memiliki toko es krim tertua yang sudah berdiri tahun 1932 sebelum Indonesia merdeka.

Es Krim Ragusa memiliki konsep cafe yang sederhana dengan mempertahankan kekhasan dari negara Italia. Tidak ada WiFi dan pendingin ruangan.

Di dalam ruangan Cafe ini hanya terpampang beberapa foto perjalanan berdirinya Cafe ini dan juga beberapa penghargaan yang pernah diperoleh. Nuansa tempo doeloe semakin kental dengan adanya bangku-bangku rotan dan meja berbahan dasar kayu.

Awal berdirinya Es Krim Ragusa ini berasal dari sepasang suami istri bernama Luigie Ragusa dan Vincenzo Ragusa. Keduanya mendapatkan susu sapi asli Australia milik wanita berkebangsaan Eropa yang berada di Bandung saat itu. Dengan kreatif akhirnya pasangan ini membuat bisnis Es Krim Ragusa berbahan dasar susu sapi Australia.

Awalnya Cafe ini dibuka di Bandung kemudian pindah ke daerah Gambir sejak 1932. Beberapa tahun kemudian pasangan ini menghibahkan ladang usahanya kepada Sias Mawarni dan Buntoro Kurniawan yang pada saat itu sebagai karyawannya.

Cafe Es Krim Ragusa beralamat di Jalan Veteran I Nomor 10. Hingga saat ini hanya ada 4 varian menu yang ditawarkan yaitu Reguler Flavored, Premium Flavored, Mixed Flavored, dan Fancy Flavored. Harga yang dibanderol yaitu dari Rp15.000 sampai Rp35.000.

Es krim Ragusa populer karena bahan dasar yang digunakan asli terbuat dari susu sapi dan tidak menggunakan bahan pengawet atau pun pengental apapun. Selain itu menu Spaghetti Es Krim juga menjadi salah satu penunjang kepopuleran cafe ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*