Es Puter Cong Lik, Ulet Berjualan Sejak Kecil

es puter cong lik
Foto : Es Puter Cong Lik Durian

LoveusahaEs puter atau es tung-tung adalah hidangan pencuci mulut asli Indonesia, mirip dengan es krim. Menggunakan bahan dasar santan sebagai pengganti susu.

Es puter bertekstur kasar, dibekukan secara tradisional dengan sebuah alat berbentuk tabung yang diputar-putar di dalam es batu dan garam.

Es puter Cong Lik, di kawasan Jl KH Ahmad Dahlan no 11 Karangkidul Semarang Tengah, dinamai begitu karena pemiliknya memiliki kisah hidup yang menarik.

Pak Sukimin sedari kecil terbiasa menjual es puter keliling di kawasan Mataram dan Pecinan Semarang, dia menjadi kacong cilik atau pembantu cilik orang jepang. Dia bekerja dengan ulet sampai bisa berjualan es sendiri ketika dewasa.

Awalnya pak Sukiman dibantu oleh anaknya masih berkeliling menjajakan esnya alias belum memiliki warung. Tapi karena jumlah pelanggan semakin meningkat, dan agar mereka tidak kesulitan membeli es puter, di tahun 1982 mereka memutuskan membuka warung di pinggir jalan

Jika biasanya varian es puter hanya ada coklat dan kacang hijau, di warung ini menyediakan es puter berbagai varian rasa lain, diantanya kacang, kopyor, leci, sirsak, kelengkeng, blewah, alpukat dan durian.

Diatas esnya ditambah mutiara, irisan roti tawar dan agar-agar. Keunggulan lainnya, es puter Cong Lik tidak menggunakan bahan pengawet.

Sampai sekarang masih diolah menggunakan alat tradisional untuk mempertahankan kualitas. Untuk menikmati es puter disini, anda hanya perlu membayar antara 15-20k saja, tergantung varian rasa yang anda pilih. 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*