Fungsi Surat Keterangan Usaha untuk UMKM

Fungsi Surat Keterangan Usaha untuk UMKM
Fungsi Surat Keterangan Usaha untuk UMKM

Loveusaha – Anda pengusaha muda atau pemula yang memiliki usaha sekecil apapun tentunya akan terasa lebih aman dalam hal operasional di masyarakat apabila anda mempunyai Surat Keterangan Usaha ( SKU ) atau disebut juga Surat Keterangan Domisili Usaha ( SKDU ). Surat ini dibuat oleh aparat berwenang, dalam hal ini Kelurahan atau Kepala Desa, untuk menerangkan bahwa orang yang namanya tertera dalam surat tersebut benar merupakan penduduk di RT dan RW yang berada di bawah Kelurahan atau Desa tersebut dan benar memiliki sebuah usaha yang disebutkan dalam surat tersebut.

Bagi usaha mikro hal ini akan memudahkan apabila berhubungan dengan pihak ketiga semisal rekanan kerja ataupun pihak perbankan, karena minimal ada legalitas atas usaha yang anda lakukan. Beberapa dokumen harus anda persiapkan terlebih dahulu sebelum mengurus pembuatan Surat Keterangan Usaha (SKU) di Kantor Kelurahan dan Kecamatan, yaitu:

  • Surat Pengantar RT/RW
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku (Asli & Fotokopi)
  • Kartu Keluarga (KK) (Fotokopi)
  • Surat Pernyataan/Permohonan

Temui langsung pengurus RT di tempat tinggal anda, dan ajukan untuk meminta dibuatkan surat pengantar. Untuk tahap ini, anda hanya perlu menyerahkan Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga yang asli. Setelah selesai, pengajuan surat tersebut akan diberikan dan ditandatangi oleh ketua RW.

Setelah mendapatkan Surat Pengantar dari RT/RW, Anda bisa pergi ke Kelurahan/Kepala Desa tempat Anda. Berkas yang harus dibawa adalah Surat Pengantar RT/RW, KTP, KK, dan surat permohonan. Di Kelurahan nanti Anda akan diminta mengisi formulir pembuatan SKU. Pastikan isi dengan data yang sebenar-benarnya dan lengkap. Jika berkas dan formulir sudah lengkap, Anda bisa menunggu sampai SKU selesai dibuat, lamanya tergantung dari masing-masing Kelurahan.

Setelah SKU selesai dan ditandatangani oleh Lurah, maka lanjutkan untuk membawanya ke kantor Kecamatan. Tujuannya adalah agar SKU mendapatkan pengesahan resmi dan di sahkan melalui stempel secara resmi dari pihak kecamatan. Surat Keterangan Usaha (SKU) memiliki masa berlaku satu tahun sejak tanggal diterbitkan.

Pembaca loveusaha.com itu tadi sekilas tentang cara mengurus Surat Keterangan Usaha, surat ini berguna sebagai penguat apabila anda tertarik mendapatkan pinjaman dari bank, dan juga akan teridentifikasi apabila ada program – program dari pemerintah untuk pengembangan usaha anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*