Gigin Potong Rambut, Belajar Otodidak dari Almarhum Bapak

gigin potong rambut

Loveusaha – Namanya Gigin, ia adalah penyandang disabilitas. Waktu kecil saat sakit panas ia pernah disuntik, setelah kejadian itu lama kelamaan salah satu kakinya malah mengecil.

Tapi hal ini tak membuat Gigin menyerah, ia tetap berjuang untuk membahagiakan kedua orang tuanya. Di tahun 2001 ia mengikuti pelatihan bagi disabilitas di daerah Bangil, menekuni bidang elektro.

Karena sikapnya yang baik dan ulet, belum genap satu tahun di panti ia sudah diajak bekerja di Magetan oleh salah satu pengurus panti. Tahun 2008 setelah menikah, Gigin memutuskan pulang ke Malang untuk membuka usaha servis elektro secara mandiri.

Gigin beralih membuka usaha potong rambut berawal ketika beberapa saudara dan teman dekatnya meminta tolong untuk dicukur. Hasil cukuran rambut Gigin memang rapi, tapi watu itu Gigin tak menarik ongkos alias gratis. Gigin memang tak pernah kursus salon sebelumnya, ini warisan turun temurun dari bapaknya.

Baca juga : https://www.loveusaha.com/berita/pijet-kesehatan-dan-kebugaran-pandutetap-semangat-dalam-gelap/

Menurut cerita Gigin dulu ketika bapaknya masih muda juga membuka usaha jasa potong rambut dan setiap hari banyak pelanggan yang datang. Dan usaha cukur rambut Gigin juga mulai dikenal dari cerita getok tular atau sambung menyambung dari saudara dan teman dekat.

Mulai banyak orang datang untuk minta dicukur padanya, sejak itu Gigin memutuskan tidak lagi membuka servis elektro. Lagipula saat itu ia juga baru membeli sebuah alat cukur mesin dari temannya. Ketika pertama kali buka tarif potong rambut Rp4.000 per orang, pertahun naik seribu, sekarang ongkos cukur menjadi Rp 8.000.

Pada awal tahun 2021 nanti ada persamaan tarif dari asosiasi usaha cukur semalang raya menjadi Rp 10.000. Gigin hanya menerima cukur khusus laki-laki. Saat pandemi sekarang ini dalam sehari rata-rata pelanggan yang dating sekitar  sepuluh orang.

Buat mas dan bapak yang pengen tampil kece silakan cukur ke Mas Gigin berlokasi di Jalan Kiai Mojo no 81, Gondanglegi, Malang, 081216160507. (san)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*