Industri Animasi Suatu Bisnis Menjanjikan di Masa Depan

Loveusaha – Bertempat di Digital Innovation Lounge (DILO) PT. TELKOM Kayu Tangan Jl. Basuki Rachmat, LP3I bekerjasama dengan Rumah Entrepreneur mengadakan acara berbagi ilmu tentang peluang industri animasi sebagai salah satu penunjang industri kreatif di Indonesia. Pelaku industri animasi mengakui pengembangan industri animasi lokal, khususnya di kota Malang tidaklah mudah. Hasil karya industri animasi lokal sering dipandang sebelah mata.

Industri Animasi Suatu Bisnis Menjanjikan di Masa Depan

Padahal berdasarkan nilai pendapatan, industri animasi nasional sangat menjanjikan. Sekadar informasi, data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan nilai ekspor subsektor film, video, fotografi dan animasi pada 2010 masih kecil, yaitu Rp595 miliar. Pada tahun 2017 nilainya meningkat menjadi Rp639 miliar. Pesatnya pertumbuhan industri kreatif khususnya sektor animasi di dalam negeri mempunyai peluang yang begitu besar.

Yang menjadi akar permasalahannya adalah kondisi belum terstrukturnya industri animasi di Indonesia, produk animasi diselesaikan oleh satu kelompok animator serabutan yang berarti semua bisa. Kondisi ini melupakan prinsip kerja pembuatan film yaitu suatu karya kolektif dan masing-masing personal membidangi dan bertanggung jawab sesuai profesinya.

Kondisi belum terstrukturnya industri animasi di Indonesia juga berakibat pada daya tahan hidup kelompok ‘industri’ animasi. Profesi animator disandang hanya beberapa lama ketika mengerjakan ‘project’ dan sesudahnya berprofesi sebagai pedagang, pramuniaga dan profesi lain, sambil menunggu pangilan bekerja bila ada project dari pemerintah atau donasi swasta.

Pemerintah harus ikut mendorong industri ini, bisa berupa festival dan kompetisi terkait industri kreatif dan animasi. Perlu penajaman peta kekuatan dan kelemahan industri animasi Indonesia, mencakup jumlah studio animasi, SDM, daerah-daerah unggulan, keunggulan teknologi, dan spesialisasi yang diandalkan, jumlah program pendidikan animasi yang ada, kurikulum pendidikan, dan sebagainya.

Seperti diketahui, perkembangan animasi di Indonesia sebenarnya telah meluas, bahkan ada beberapa studio yang telah membuat animasi lisensi luar dikerjakan oleh tenaga ahli lokal atau dengan kalimat lain, Perkembangan Animasi Indonesia sudah lama terkenal hanya sebagai tempat produksi industri film animasi Jepang dan Amerika Serikat. Banyak dari pelaku industri ini yang akhirnya memilih bekerja dan tinggal di luar negeri, yang memang mempunyai iklim yang baik untuk perkembangan animasi, padahal film – film terkenal seperti Transformers, Kapten Amerika dll dikerjakan pula oleh animator – animator anak bangsa.

Dalam 10 tahun ke depan industri kreatif diprediksi semakin tumbuh pesat seiring dengan perkembangan tekhnologi, hal itu sudah terasa saat ini dimana smartphone telah banyak merubah pola hidup di masyarakat. Industri animasi yang merupakan salah satu cabang dari industri kreatif harus mendapat perhatian lebih, karena bangsa yang maju tidak mungkin akan menghindari kemajuan tekhnologi di dalam bidang apapun.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*