Intip Macam Tarian Topeng Malang

Tari Topeng Berasal Dari Malang Jawa Timur
Loveusaha Tari topeng berasal dari manakah ? Seni tari merupakan salah satu pencerminan kekayaan budaya masyarakat. Tari sendiri merupakan seni yang menggunakan gerakan tubuh secara berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu dengan tujuan untuk mengungkapkan perasaan, tujuan tertentu dan juga pikiran.

Sebagai negara yang kaya akan budaya, Indonesia juga memiliki begitu banyak kekayaan seni tari dengan kekhasan yang berbeda-beda di setiap daerah, termasuk Malang. Tari topeng berasal dari Malang memiliki empat jenis tarian unik sebagai kekayaan seni khas daerah.

Penasaran apa saja jenis Tari topeng berasal dari Malang? Tarian selamat datang karena memang ditampilkan sebagai rangkaian upacara penyambutan. Istilah “beskalan” berasal dari kata “bakalan” yang berarti pertama atau dasar dari segala bentuk penghargaan dari tamu atau orang asing yang muncul secara spontan. Tari ini diperkirakan muncul sekitar tahun 1930-an.

Terkait kostum, kepala penari menggunakan sanggul yang dihias dengan cundhuk mentul. Pada bagian tubuh, penari akan menggunakan kemben yang dipadukan dengan ilat-ilatan.

Sedangkan kostum bagian bawah menggunakan celana hingga lutut yang dilengkapi dengan kain di bagian depan dan belakang yang sejajar dengan celana.

Pada bagian kaki, penari biasanya menggunakan kaus kaki putih dan gongseng. Tak lupa, selembar selendang dipasangkan di bahu penari sebagai atribut wajib sang penari.

Gerakan tari Beskalan terbilang anggun namun lincah dan dinamis. Tak heran, jika gerakan tarian ini mampu menggambarkan sisi kecantikan dan kelincahan seorang wanita.

Tari Bedayan mengandung makna keterbukaan diri dan kesederhanaan. Tari Bedayan merupakan penggambaran sifat dan sikap keterbukaan masyarakat Malang yang diungkapkan melalui kesederhanaan dan lugas.

Hanya saja, karakteristik budaya malangan yang kuat terletak pada jenis topeng yang digunakan. Topeng Malangan memiliki keragaman warna yang unik sehingga bisa membedakan dirinya dengan topeng dari daerah lain.

Selain itu. ornamen atau ukiran topeng Malangan juga lebih detail. Salah satu perbedaan yang menonjol ada pada topeng untuk tokoh para ksatria.

Selain itu, karakteristik topeng malangan diperkuat dengan kombinasi lima warna dasar, yaitu merah, putih, hitam, kuning, dan hijau. Masing-masing warna menyimbolkan keberanian, kesucian, kebijaksanaan, dan kebahagiaan. (**)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*