Keuntungan Melakukan Branding Untuk Produk UMKM

branding

Loveusaha Banyak orang yang rela membeli segala sesuatu dengan harga fantastis karena keluaran dari brand ternama. Tak peduli harus merogoh kocek lebih dalam dan dapat menguras kantong, namun hal itu tidak mengurangi nilai produk. Ada kepuasan tersendiri saat dapat membeli dan menggunakan barang atau jasa dari brand ternama.

Perlu Anda tahu ketahui banyak jenis branding bermacam-macam mulai dari  product branding, personal branding, corporate branding, destination branding, hingga cultural branding.

Pembentukan branding dilakukan dengan tujuan untuk membangun tingkat kepercayaan dan membentuk persepsi masyarakat terhadap suatu produk. Selain itu juga untuk menjadi pembeda dengan kompetitor bisnis lainnya.

Bicara mengenai produk buatan UMKM, Anda pasti sependapat bahwa barang atau jasa yang dihasilkan memiliki kualitas yang bagus. Namun mengapa banyak produk UMKM yang kalah bersaing dengan produk perusahaan??? Jawabannya karena banyak pelaku UMKM yang belum memiliki identitas usaha dan kurang mementingkan branding untuk produk usaha.

Baca juga : https://www.loveusaha.com/berita/bisnis-e-commerce-yang-sangat-menggiurkan/

Padahal jika UMKM memilki brand akan sangat menunjang kelancaran bisnis untuk jangka waktu panjang. Berikut ini beberapa hal yang wajib Anda ketahui mengenai keuntungan melakukan branding bagi UMKM.   

  • Sebagai Identitas Bisnis

Prinsip utama dari branding adalah sebagai identitas yang membedakan dengan kompetitor, untuk itu buatlah identitas yang khas. Terdapat beberapa unsur yang harus dilakukan dalam tahap ini seperti nama, penentuan logo, tampilan dan kata-kata yang meliputi slogan, jingle, tagline dan sebagainya.

Selain itu Hal-hal kecil dalam branding UMKM juga penting untuk diperhatikan. Contohnya cara packaging yang menarik dengan menggunakan pemilihan bahan dan warna yang tepat. Banyak orang yang menganggap hal ini sepele.

Namun justru ini yang sangat penting. Contohnya seperti logo McDonald’s yang di desain dengan sederhana dengan menggunakan huruf “M” berwarna kuning yang terdapat dalam sebuah persegi berwarna merah. Hal ini menjadi lebih mudah dikenal dan dicari oleh pelanggan.

  • Meningkatkan Nilai Produk, Jasa dan Loyalitas Pelanggan

Jika UMKM memiliki sebuah brand sudah pasti hal tersebut dapat meningkatkan nilai produk atau jasanya. Dapat diambil contoh satu cup ukuran minuman kopi di Starbucks Coffe yang dibandrol dengan harga sekitar Rp.50.000-.

Meskipun harganya tergolong cukup fantastis untuk minuman kopi, namun masih terdapat banyak orang yang rela membelinya.

  • Memudahkan Pemasaran

Jika pelaku UMKM sudah memiliki brand untuk  usaha. Manfaat lainnya adalah memudahkan dalam melakukan pemasaran. Pelanggan akan dengan cepat mengenali product.

Bahkan pelanggan yang merasa puas, secara cuma-cuma tanpa disadari, hal ini akan membantu memasarkan kepada orang lain. Teknik dari mulut ke mulut yang dilakukan pelanggan hingga kini dipercaya masih sangat efektif  dijalankan dalam marketing usaha. (ntw)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*