Khasiat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh

Loveusaha – Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang sudah tak asing lagi keberadaannya di tanah air. Pada ulasan kali ini, kita akan menyimak bersama apa saja manfaat jahe dipandang dari sudut pandang medis. Rempah yang memiliki nama latin Zingiber officinale ini sebenarnya masih 1 keluarga dengan kunyit dan kapulaga. Oleh karena itu tak heran jika jahe juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Di India dan China sendiri, jahe kerap diberdayakan sebagai minuman tonik untuk mengobati berbagai penyakit ringan sejak 4700 tahun silam.

Pengolahan jahe menjadi produk–produk makanan, minuman dan kesehatan sudah banyak dilakukan masyarakat awam. Pengertian dan konsumsi masyarakat terhadap produk jahe pun semakin meningkat, maka tidak mengherankan jika sekarang banyak berdiri industri – industri kecil pengolah jahe, yang walau di tengah krisis masih mampu bertahan.

Minuman jahe merupakan minuman yang sudah dikenal baik oleh masyarakat  Kendala yang sering dihadapi adalah kurang praktis dalam penyiapannya, karena penyajian harus dilakukan dari awal persiapan bahan, pemasakan sampai dengan siap untuk diminum. Akhir-akhir ini munculah suatu terobosan baru yakni pembuatan sirup jahe yang diyakini dapat digunakan sebagai alternatif  pemecahan permasalahan kebutuhan konsumen yang ingin serba cepat dan praktis.

Jahe memiliki efek yang menghangatkan dan melegakan saat batuk, demam, flu , dan masalah pernafasan lainnya, jahe dapat merangsang sirkulasi peredaran darah, sehingga penting untuk pengobatan bengkak dan gatal –gatal serta memperbaiki sirkulasi darah ke arah tangan dan kaki. Dengan meningkatnya sirkulasi darah, jahe dapat menormalkan tekanan darah, selain itu jahe juga meningkatkan jumlah keringat yang keluar dari tubuh dan membantu menurunkan suhu tubuh saat demam.

Jahe merupakan herbal yang baik digunakan untuk beberapa keluhan pencernaan, mual kembung, dan kolik. Jahe juga dapat meredakan motionsickness ( mabuk saat perjalanan) dan morning sickness ( mual pada awal kehamilan). Selain karena manfaatnya yang besar, membuat wedang jahe ataupun teh jahe pada musim hujan sepertinya cocok sebagai minuman penghangat tubuh apalagi ada sedikit cemilan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*