Kisah Sukses Si Raja Tambang, Arifin Panigoro

arifin panigoro
Foto : Arifin Panigoro ( doc.Forbes )

Loveusaha – Mungkin anda agak sedikit asing ketika mendengar pengusaha yang satu ini. Namun tahukah anda jika Arifin Panigoro merupakan putra pertama Indonesia yang sukses memiliki perusahaan minyak bumi di Indonesia.

Arifin Panigoro merupakan lulusan dari Elektro ITB, beliau memulai kariernya sebagai instalator listrik dari rumah ke rumah semasa kuliah dulu. Selanjutnya ia membuka jasa pasang pipa kecil pertamina.

Namun tak lama kemudian ia memberanikan diri untuk memasang pipa besar dan bekerja sama dengan pihak asing, dimana hasil dari kerja sama tersebut dapat dibelikan alat berat dan akhirnya terbentuklah perusahaan milik Arifin Panigoro yang diberi nama Meta Epsi Drilling Company (Medco).

Berkat kerja keras Arifin, akhirnya Medco mampu membeli saham PT. Stanvac Indonesia yang merupakan sumur minyak tertua di Indonesia, saat ini namanya sudah berubah menjadi Expan.

Dari situ Arifin, masih tak mau menyerah bagaimana caranya agar ada perusahaan milik local yang mampu mengolah gas bumi, dan juga menciptakan PLTP yang bersumber dari panas bumi. PLTP milik Arifin ini berada di Sumatra Utara.

Hingga akhirnya sampai saat ini PT. Medco Energi Internatioanal bisa bersaing dengan perusahaan asing dan membuktikan bahwa usaha di bidang pertambangan mampu untuk dikuasai oleh penduduk local. (ary)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*