Kulit Kayu Menjadi Benda Seni Bernilai Rupiah

kulit kayu

Loveusaha – Bagi sebagian orang kulit kayu hanya dianggap sebagai limbah. Tapi di tangan para seniman ini limbah tersebut bisa menjadi barang bernilai tinggi.

Menjadi seorang yang memiliki usaha tidak harus memiliki modal keuangan yang besar. Modal untuk berusaha bisa didapatkan dari manapun termasuk limbah kayu atau kulit kayu yang sudah tak terpakai.

Bagi orang yang memiliki kreativitas tinggi dan kesabaran pasti akan mampu memanfaatkan kulit kayu yang tak terpakai menjadi sebuah benda beresensi seni yang menghasilkan nilai rupiah.

Ada beberapa orang Indonesia yang akhirnya menjadi pengusaha ternama yang bermodalkan dari limbah kulit kayu. Diantaranya yaitu :

1. Olis Setiawan

Sejak tahun 2015 Olis Setiawan mencoba menekuni bisnis ini yang bermodalkan uang sedikit. Awalnya kulit kayu ia bisa dijadikan sebagai tas yang dijual sekitar rp 200 ribu, kemudian ia merambah bentuk lain yang bisa bermanfaat yang dijual seperti miniatur, aksesoris dan lain-lain.

Untuk membuat produk yang memiliki nilai jual tentunya harus mengembangkan kreativitas, kini ia juga memulai membuat jam tangan.

Keuntungan yang diperoleh lumayan besar yaitu bisa menembus 10 juta perbulan.

2. Al Fajri

Fajri pria asli Bengkulu ini memulai bisnis pada tahun 2006. Bisnis yang ia geluti ini hanya karena iseng saja saat itu, bermodalkan rp30.000 ia memulai bisnis ini dengan membuat gantungan kunci.

Kemudian olahan kulit kayu selain digunakan sebagai gantungan kunci selalu bisa digunakan sebagai kerajinan lainnya seperti tas topi dompet dan lain-lain.

Harga jual setiap produknya mulai dari harga rp20.000 hingga rp500.000. omset yang diperoleh tiap bulannya mencapai 30 juta.

dalam hal pemasaran ia tak perlu memusingkan lagi caranya karena saat ini Fajri hanya fokus pada produksi saja. Hal ini karena bisnis yang digelutinya sudah memiliki banyak pelanggan tetap.

3. Farida

Ibu Farida seorang yang mampu menyulap kulit kayu jenis pohon ivo dan pohon fuya menjadi kerajinan tangan yang menghasilkan nilai jutaan rupiah per item yang terjual. Kerajinan yang terbuat diantaranya adalah tas dan baju.

Tak heran jika barang ini di jual dengan harga fantastis karena bahan yang di dapat merupakan bahan yang sulit di dapat dan proses pembuatannya memakan waktu sekitar seminggu lamanya.

Nah benar kan jika kreatifitas itu bisa membuat orang menjadi kaya bahkan dari barang yang dianggap sebagai limbah sekalipun. (rl)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*