Langkah-Langkah Mengurus Hak Paten Merek dan Logo Untuk Produk Anda

hak cipta, paten dan merek

LoveusahaMerek dan logo merupakan salah satu hal yang penting dalam sebuah kemasan produk. Mungkin terdengar sepele, namun perlu Anda ketahui bahwa dua elemen tersebut sangat penting untuk diurus secara paten.

Lalu sebenarnya, apa pentingnya mengurus merek dan logo pada produk secara hak paten?. Tentu hal ini sangat penting untuk dilakukan, tujuannya adalah produk milik Anda sudah memiliki legalitas dan diakui secara resmi oleh pemerintah.

Dengan menggunakan merek dan logo yang sudah didaftarkan secara resmi, akan menambah keyakinan pelanggan terhadap produk Anda. Keuntungan lainnya dengan mengurus hak paten adalah menghindari penipuan yang mengatasnamakan produk Anda

Sebelum memulai usaha ada baiknya untuk mendaftarkan merek dan logo ke Kantor Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Hal ini juga untuk menghindari agar tidak mudah ditiru oleh pebisnis lain.

Baca juga : https://www.loveusaha.com/berita/langkah-mudah-bisnis-online-lewat-facebook/

Anda bisa membayangkan jika sudah menjalankan usaha dengan pelanggan yang sudah banyak, Anda mengetahui bahwa ternyata terdapat merek produk yang sama dengan Anda dan sudah mendaftarkan merek dagangnya. Hal tersebut akan merugikan Anda karena tidak dapat menggunaan merek tersebut lagi.

Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah mendatangi Kantor Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Jangan lupa untuk bertanya mengenai segala persyaratan administrasi yang dibutuhkan untuk mengurus hal tersebut.

Langkah selanjutnya adalah mengajukan permohonan untuk mendapatkan hak paten merek dan logo. Selain itu Anda perlu melampirkan beberapa dokumen seperti:

  1. Fotokopi KTP.
  2. Fotokopi Akta Pendirian.
  3. Fotokopi Peraturan Pemilikan Bersama (jika atas nama badan hukum).
  4. Surat pernyataan bahwa merek dan logo tersebut milik Anda.
  5. Mengisi Formulir.
  6. Membayar Biaya Permohonan Pendaftaran.

Sertifikat merek dapat diterbitkan apabila tidak terdapat masalah dari permohonan pendaftaran merek yang diajukan dan sudah lolos melewati pemeriksaan subtantif. Merek Anda akan akan resmi terdaftar, selanjutnya Menteri Hukum dan HAM  akan menerbitkan sertifikat tersebut.

Tak hanya modal dan lokasi bisnis yang sangat menentukan kesuksesan usaha. Namun hak paten juga sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini karena hak paten merupakan investasi terhadap bisnis Anda untuk jangka panjang. (n4)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*