Mau Usaha Lappet Pulut Enak dan Kenyal, Yuk Cobain Resepnya

lappet pulut
Foto : Lappet pulut

Loveusaha – Kue lappet pulut merupakan kue tradisional yang tentunya hingga saat ini masih menjadi primadona. Kue yang satu ini memang punya tekstur yang unik, karena terasa kenyal ketika dimakan.

Tidak heran jika banyak orang yang suka dengan kue lappet pulut ini, pasti anda juga akan ketagihan jika makan kue yang satu ini. Sebenarnya kue lappet sendiri ada dimana-mana, setiap daerah pasti kenal dengan kue tradisional ini.

Hanya saja setiap daerah punya nama yang berbeda-beda, tetapi daerah Sumatera sendiri memanggil kue ini dengan sebutan lappet. Nah, penasaran kan bagaimana cara membuat kue lappet pulut yang enak dan kenyal? Yuk simak ulasan lebih lengkapnya berikut ini

Bahan-Bahan:

  • 1 kg beras ketan yang sudah digiling dengan halus.
  • 100 gram gula pasir.
  • Garam secukupnya.
  • Daun pisang untuk membungkus lappet pulut secukupnya.
  • Minyak goreng agar tangan tidak lengket ketika membungkus kue lappet pulut secukupnya.
  • Bahan isian lappet pulut (isian tergantung dengan selera anda, misalnya saja gula merah, di isi kacang ijo, cokelat dan lainnya juga bisa).
  • Kelapa parut sebanyak 1 buah.
  • 250 gram gula merah.

Cara Membuat Lappet Pulut Enak dan Kenyal

  1. Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah sobek daun pisang menjadi beberapa bagian, kemudian kukus daun pisang selama 10 menit. Hal ini akan membuat daun pisang tidak mudah sobek ketika digunakan untuk membungkus adonan lappet pulut.
  2. Jika sudah, angkat daun pisang yang sudah lembek dan lap daun pisang dengan kain kering hingga tidak ada air yang menempel di daun pisang.
  3. Kemudian siapkan beras ketan yang sudah digilang halus, lalu tambahkan gula pasir serta garam. Tambahkan sedikit air, kemudian uleni adonan hingga adonan menjadi kalis agar nantinya rasa lappet bisa kenyal.
  4. Gongseng kelapa hingga warna nya agak kecoklatan, kemudian campurkan gula merah ke dalamnya.
  5. Jika sudah, gongseng kembali kelapa tersebut hingga kelapa kecoklatan dan tercampur dengan gula merah tersebut.
  6. Ambil sedikit minyak, kemudian balurkan minyak tersebut ke seluruh telapak tangan agar adonan tidak lengkat di tangan.
  7. Lalu ambil sedikit adonan, dan pipihkan adonan tersebut.
  8. Tambahkan gula dan kelapa yang sudah digongseng tadi ke salam adonan, lalu pipihkan dan bulatkan.
  9. Ambil daun, kemudian lipat daun tersebut berbentuk kerucut dan masak adonan ke salam lipatan daun. Lipat kembali daun hingga adonan nya tertutup seluruhnya, ulangi langkah tersebut hingga adonan habis.
  10. Kukus lappet pulut tersebut selama 1 jam.
  11. Angkat dan sajikan untuk keluarga tercinta.

Bagaimana, sangat mudah bukan resep cara membuat lappet pulut ini? Anda harus coba bagaimana membuat lappet yang rasanya enak ini. Pastinya anda akan mendapatkan inspirasi yang unik nantinya, apalagi jika anda berniat untuk mengganti isian lappet ini.

Cara membuat lappet pulut ini memang sangat mudah, apalagi jika anda menggunakan isian seperti cokelat, kacang ijo dan lainnya. Pasti rasanya akan lebih maknyus dengan keunikan rasa kenyal yang ada pada lappet pulut ini.

Itulah informasi tentang cara membuat lappet pulut yang bisa kami informasikan untuk anda, sangat mudah membuatnya. Rasa kue tradisional memang selalu enak dan unik, rasa nya mengingatkan dengan kampung halaman, jadi yuk dicoba bun, terima kasih. (fai)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*