Menciptakan Produk Sehat dan Menjadi Tuan di Negeri Sendiri

Foto : Varian Kecap Jawa

Loveusaha Meski usianya baru menginjak tiga tahun namun Jawa Sehati Mulia sebagai produsen Kecap Sehat Tugu Jawa telah menjadi salah satu pemain produsen kecap lokal yang patut diperrhitungkan keberadaanya. Berawal dari keprihatinan terhadap nasib petani kedelai lokal yang semakin tergerus oleh pemain kedelai impor dan semakin terpuruk usahanya.

Pendiri Jawa Sehati Mulia, Dwi prihartono memproduksi kecap sehat Jawa dengan mengutamakan seluruh bahannya dari kearifan lokal, harapannya bisa meningkatkan taraf hidup petani lokal.


“ Selain memakai kedelai lokal, produk kami sangat higienis ya, kami juga memakai gula kelapa kualitas no 1 dan bumbu  rempah rempah lokal serta dengan proses fermentasi yang dilakukan secara higienis dan mengutamakan cita rasa sehingga  mendapatkan hasil kecap dengan kualitas terbaik,”  jelas Dwi

Kecap Jawa khas Malangan inipun diklaim sehat dan aman di konsumsi oleh bayi, anak anak dan segala usia karena terbuat dari bahan alami tanpa bahan pengawet dan msg buatan, serta mengandung probiotik di setiap tetesnya. Saat ini Kecap Jawa sudah bersertifikat halal MUI serta ijin dari Dinkes dan Nutrition food.

Ada banyak varian Kecap Jawa yaitu rasa pedas dan manis, sehingga cocok untuk memasak segala masukan menyesuaikan masakannya, pun Kecap Jawa banyak dipakai untuk tambahan makanan siap saji dan banyak digunakan vegetarian yang menghindari bahan makanan berbahan hewani.

“Dalam setiap tetes kecap Jawa yang dikonsumsi konsumen ada doa petani kedelai lokal agar usaha mereka terus berkembang. Kami mengajak para peminat kecap Jawa Malangan ataupun reseller di seluruh Indonesia yang berminat untuk bersinergi bersama usaha ini, “ tukasnya.

Saat ini Kecap Tugu Jawa dijual dalam beberapa kemasan Kecap Tugu Jawa yaitu kemasan manis refill 500 ml dengan harga  Rp 20000/ pcs, pedas dengan  harga Rp 22000/ pcs. Sementara kemasan botol 275 ml dijual dengan harga  Rp 14000/ pcs dan yang pedas Rp 16000/ pcs, dan yang             botol 135 ml dijual dengan harga  Rp  7000/ pcs dan yang pedas Rp 9000/pcs.    

Bagi yang tertarik untuk bermitra dengan Kecap Jawa bisa menghubungi Kecap Jawa yang beralamat di Jalan Kolonel Sugiono 18 Kemantren Jabung. Dengan akun/link Facebook Usaha :

Kecap jawa. Akun/Link Instagram Usaha @produsen _kecap_malang.

Selain memasarkan secara online, perusahaan juga aktif memasarkan produknya secara offline di Malang Raya dan sekitarnya. Ditanya cerita unik ketika menjalankan usaha, Dwi menjawab bahwa dirinya kini sering dimintai berbagai pihak tentang tips berwirausaha dan usaha kecap Jawa.

Meski menurutnya kendala yang dihadapi masih tetap sama yaitu terkendala persaingan dengan industri kecap besar/nasional yang notabene menang dalam segi distribusi, pemsaran dan jaringan usaha.

“Sekarang kami lebih banyak diminta untuk mengisi acara-acara motivasi industri kecil dan berbagi ilmu dan tips. Dan bagi saya itu sangat menyenangkan karena bisa berbagi dan menularkan ilmu kepada orang yg membutuhkan, meski kami belum memiliki prestasi yang patut dibanggakan tapi minimal kami sudah bisa menularkan ilmu,” terangnya.

Ditambahkannya lagi saat ini perusahaan telah mampu memberikan kontribusi bagi masyarakat dan bisa melatih dan berbagi ilmu kepada ibu ibu utk memulai usaha.

Kedepan Dwi berharap usahanya terus berkembang pesat dan bermanfaat bagi orang lain, sehingga bisa menjadi rumah bagi banyak karyawan dan menjadi perusahaan yang menjadi tuan rumah di negeri sendiri. (dna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*