Mengenal Ragam Budaya Indonesia Dengan Berwisata

Loveusaha РBudaya jelas jadi salah satu faktor yang memikat seseorang untuk berkunjung ke suatu tempat. Nggak percaya? Pernah nggak kamu bela-belain datang ke suatu tempat karena ingin melihat festival budaya atau pawai meriahnya? Tapi nggak cuma itu aja, situs peninggalan kerajaan, karnaval, atau pertunjukan musik pun termasuk dalam komponen budaya yang menjadi daya tarik wisata. Begitu pula dengan peninggalan sejarah yang mampu memikat wisatawan dengan pesona bangunan ataupun koleksi lainnya.

Malang, kota yang citranya lekat dengan buah apel ini tak hanya menyimpan pesona alam dari indahnya panorama pegunungan hingga pantai yang cantik. Banyak pesona budaya yang tersimpan di bumi arema ini. Satu upacara yang layak untuk kamu saksikan ketika mendarat di Malang adalah upacara Yadnya Kasada di lereng Gunung Bromo. Sebenarnya upacara ini diadakan di wilayah Kabupaten Probolinggo, namun masyarakat Suku Tengger yang bermukim di Malang juga ikut serta dalam ritual tahunan ini. Upacara ini diadakan setiap Bulan Kasada, sebagai ungkapan syukur dan permohonan agar hasil bumi dan ternak milik masyarakat selalu berlimpah. Upacara ini juga erat kaitannya dengan kisah Jaka Seger dan Lara Anteng. Kamu bisa pula mengikuti festival Jazz Gunung yang rutin diadakan di Lereng Bromo.

Banyak pula objek wisata yang memukau di Malang Raya ini. Kebanyakan memang berupa wisata yang berkaitan dengan alam. Namun, ada juga wisata sejarah dan budaya yang bisa kamu kunjungi. Kamu sudah tahu kalau di Malang juga ada candi? Iya, terdapat situs Candi Singosari yang tak kalah indah dengan candi-candi yang ada di Jogja. Di dekat candi ini pula terdapat tempat yang diyakini sebagai tempat yang biasa digunakan Ken Dedes untuk mandi. Di pusat Kota Malang juga terdapat monumen sebagai peringatan kepada seorang penyair angkatan 45, Chairil Anwar. Monumen ini terletak di depan Gereja Hati Kudus Yesus, di Jalan Basuki Rachmat. Belum lagi museum-museum yang terletak di Malang dan Kota Batu, dengan bermacam tema dan koleksi yang mengagumkan. Tak rugi jika kamu meluangkan waktu untuk menjelajah Malang Raya. Masih banyak lagi keunikan budaya Indonesia yang indah dan selalu menjadi daya tarik tersendiri.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*