Menjelajah Musium Indonesia

Menjelajah Peninggalan Sejarah di Musium Indonesia

Loveusaha – Museum Indonesia  yang dibangun tahun 1976 dan diresmikan saat peringatan ulang tahun Taman Mini Indonesia Indah yang kelima oleh presiden Soeharto ini mempunyai 3 lantai. Lantai 1 yang bertemakan Bhinneka Tunggal Ika, lantai 2 bertemakan manusia dan lingkungan sedangkan yang ketiga Seni dan Kriya. Berdirinya Museum Indonesia tersebut atas gagasan Tien Soeharto dengan bentuk bangunan bergaya Bali tiga lantai yang dikembangkan dari filosofi Tri Hita oleh seorang arsitek bernama Ida Bagus Tugur. Filosofi tersebut menjelaskan adanya tiga sumber kebahagiaan manusia, yakni hubungan sesama manusia, manusia dengan lingkungan serta manusia dengan Tuhan.

Di lantai yang bertemakan Bhineka Tunggal Ika disajikan berbagai pakaian adat dan kostum pengantin dari seluruh propinsi yang ada di Indonesia. Hal ini mencerminkan berbagai budaya nusantara baik dari segi agama, pakaian, kesenian maupun adat istiadat. Pada bagian lain dipamerkan berbagai jenis wayang dalam bentuk diorama serta alat musik tradisional yang merupakan peninggalan sejarah kebudayaan indonesia.

Sedangkan di lantai 2 menampilkan benda-beda budaya dalam bentuk rumah tradisional, benda budaya dan peralatan mata pencaharian. Milsanya alat-alat perikanan, berburu dan meramu dan pertanian. Ada juga diorama yang menggambarkan upacara tujuh bulan (mitoni), khitanan, potong gigi (mapedes), penobatan datuk dan upacara pernikahan yang diwakili oleh perlaminan dari Sumatera Barat menjadi rekam jejak peninggalan sejarah indonesia.

Dan yang ke 3 berisikan tentang hasil seni  garapan dan seni ciptaan baru antara lain aneka kain, berbagai kerajinan dari bahan logam dan juga seni ukir kayu.

Di tempat ini terdapat fasilitas yang dapat disewa  oleh masyarakat untuk keperluan pesta pernikahan, seminar, pameran dan berbagai pertemuan. Venue-venuetersebut misalnya Bale Panjang, Bale Bundar dan Bangunan Soko Tujuh. Tempat ini ramai dikunjungi baik wisata local maupun mancanegara bahkan seringkali menjadi agenda kunjungan tamu Negara.

Didalam Taman Mini Indonesia Indah banyak terdapat tempat wisata lainnya , Anda bisa mengunjungi beberapa lokasi sekaligus seperti Museum PrangkoTeater Keong Mas.Sedangkan obyek wisata diluar komplek yang tidak terlalu jauh adalah Monumen Pancasila Sakti. (***)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*