Menyambut Liburan Wisata ke Bendungan Lahor Kab. Malang

Loveusaha – Tempat wisata yang terletak di perbatasan Kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar lebih  tepatnya di Desa Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, Jawa Timur.  Diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1977 dengan nama bendungan Karang Kates kemudian berganti nama menjadi bendungan Sutami, sedangkan bendungan Lahor merupakan bendungan penyangga atau cadangan dari bendungan Sutami.

Lokasi wisata ini merupakan jalan alternatif menuju Kabupaten Blitar, dapat ditempuh melalui perjalanan darat sekitar 1,5 jam dari Kota Malang, dengan akses jalan aspal yg baru semakin membuat perjalanan ke lokasi wisata semakin mudah dan menyenangkan. Ketika sudah sampai ke lokasi maka pengunjung akan dikenakan ticket masuk untuk mobil sebesar Rp. 3.000 dan motor Rp. 2.000, sangat ekonomis kan. Setelah melewati pintu ticket maka pengunjung akan menemui deretan warung kuliner  di sisi kiri jalan, berbagai macam aneka menu makanan dan minuman yang disediakan, tentunya dengan harga yang bersahabat di kantong. Para PKL ini sudah tertata dengan rapi sepertinya sudah ada pembinaan dari pihak pengelola untuk memberikan layanan terbaik bagi pengunjung yang datang, jadi anda tidak perlu ragu untuk mencoba menu yang ditawarkan dan tidak perlu takut dengan harganya karena semua sudah tertera di daftar menu. Sambil menikmati makanan dan minuman yg dihidangkan, pengunjung  juga disuguhkan pemandangan alam yang masih alami di depannya, banyak pepohonan yang masih terjaga dan terawat dengan baik menjadikan lokasi ini berhawa sejuk dan segar.

Apabila anda dan keluarga ingin menjelajahi bendungan, di seberang  jalan tempat warung PKL oleh pengelola disediakan perahu khusus yang bisa memuat sekitar 10 orang di dalamnya, dan pada hari minggu atau libur nasional di lokasi naik perahu ada juga hiburan musik yang bisa buat pengunjung betah berlama – lama disini. Selesai makan dengan keluarga perjalanan dapat anda lanjutkan kembali dengan lewat di atas bendungan, pemandangan air yang luas  di sisi kanan dan hamparan bukit serta pepohonan yang besar di sisi kiri sering dijadikan obyek untuk berfoto selfie, banyak muda mudi menghabiskan waktu disini dengan mengobrol atau bercanda ria. Bagi pengunjung yang hobi memancing anda akan dapat menemukan sensasi tersendiri disini dengan ikan air tawarnya seperti wader, gurami, lele, tombro dsb.

Setelah lewat diatas bendungan pengunjung  akan menjumpai lahan parkir yang luas di sisi kiri jalan, mobil atau motor dapat anda titipkan disini kemudian melanjutkan  berbelanja ikan segar di seberang lahan parkir, bermacam – macam ikan air tawar dari bendungan yandijual disini dan pengunjung  bebas memilih serta menawar sendiri dengan penjualnya.

Nah menarik bukan, dengan harga yang terjangkau banyak ragam wisata di satu lokasi tentunya harus anda jadikan destinasi wisata berikutnya bersama keluarga.(hari)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*