Mereka Sudah Memiliki Mental Pengusaha

Loveusaha – Ada pemandangan menarik ketika menyaksikan acara bazar dan pentas seni SMPN 2 Sumberpucung kabupaten Malang, yaitu anak – anak SMPN tersebut bisa membuat olahan dari kedelai, dimana sebelumnya TASUDO sudah mengadakan pelatihan dan pendampingan kepada mereka beberapa waktu yang lalu. Acara ini dihadiri oleh bupati Malang Bp. Rendra Kresna dan rombongan. Dimulai dengan sambutan ketua panitia kemudian diteruskan oleh sambutan dari Kepala Sekolah SMPN 2 Sumberpucung, beliau menjelaskan mengenai kondisi sekolah dan beberapa program pembelajaran diluar kurikulum yang mulai diterapkan kepada siswa diantaranya adalah pengenalan wirausaha dan pemeliharaan lingkungan sekitar dengan menanam bibit – bibit pohon di lingkungan sekolah dan sekitarnya.

Dalam hal kewirausahaan sekolah bekerjasama dengan TASUDO memberikan pelatihan kewirausahaan kepada beberapa siswa yang berminat untuk membuat tahu, susu kedelai dan beberapa olahan turunannya diantaranya adalah donat, kaki naga, nugget.

Dengan bersemangat beliau menuturkan kalau dari hasil pelatihan kewirausahaan tersebut saat ini bisa langsung dilihat dan dihasilkan sendiri oleh para siswanya. Memang ada tempat tertentu yang disediakan oleh pihak panitia kepada siswa – siswi yang membuat olahan tersebut, mereka bersemangat untuk menggiling kedelai kemudian memisahkannya menjadi serat dan air kedelai yang nantinya setelah diberikan Sari Bahari akan bisa menggumpal dan menjadi tahu sehat yang siap untuk langsung dimakan.

Tampak beberapa siswi mulai mengambil gumpalan tahu lalu diangkat dan ditaruh ditaruh ke mesin pres manual yang sudah disiapkan. Kemudian dengan sedikit tenaga memberi tekanan lewat mesin tersebut maka gumpalan yang tidak teratur tadi sekarang sudah menjadi tahu dengan ukuran yang besar, lalu dipotong – potong untuk disajikan ke piring – piring kecil.

Siswi yang lain menyalakan api kompor dan menyiapkan penggorengan, serat yang terpisah tadi setelah diberi beberapa bumbu yang sudah diracik siap untuk digoreng menjadi nuget siap santap, kemudian setelah matang disajikan ke dalam piring – piring yang telah disiapkan. Ada beberapa siswi yang agak kesulitan membuat kaki naga tetapi dengan cekatan instruktur dari TASUDO sudah membantu dan memberikan cara yang praktis dan mudah dipraktekkan.

Menjelang siang hari olahan berbagai macam olahan tersebut siap untuk disajikan dan dinikmati oleh para tamu undangan dan guru – guru yang sedari tadi ikut melihat prosesnya. Siswa siswi yang lain bertugas memberikan sajian tersebut ke meja tamu undangan yang kemudian dipersilahkan untuk dinikmati. Sembari melihat pentas seni yang ditampilkan, para tamu undangan kelihatan begitu menikmati hidangan tersebut dan secara simbolis mengacungkan jempol kepada siswa siswi yang ada di lokasi pembuatan olahan kedelai, hal ini direspon gembira oleh para siswa dengan senyuman dan tertawa lepas.

Mental untuk berwirausaha memang harus dididik dan ditanamkan sejak dini kepada anak -anak kita supaya tidak menjadi bangsa yang konsumtif melainkan menjadi bangsa yang produktif di segala bidang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*