Metode SEMAR MESEM untuk UMKM

Metode SEMAR MESEM untuk UMKM

Loveusaha – Di workshop ini akhirnya terungkap, ternyata rata – rata pengusaha UMKM dalam membuat laporan keuangan masih belum bisa disiplin dengan berbagai macam alasan seperti tidak sempat, terlalu rumit, nanti sajalah sampai akhirnya kelewatan juga.

Solusinya adalah mengadopsi metode pencatatan laporan keuangan sederhana, mudah, murah dan bikin mesem ( tersenyum ) yang disingkat SEMAR MESEM.

Diadakan di Ballrom Malang Strudel dengan menghadirkan narasumber Erik Dwi Pambudi,S.E.,Ak.,M.SA dari ERND Consulting yang juga sebagai konsultan Kementerian Koperasi dan UKM. Dihadiri oleh Rina Noviani selaku wakil direktur loveusaha.com dan Widodo, Kepala OJK kota Malang.

“Pelatihan seperti ini sangat berguna sekali bagi pengusaha UKM khususnya di Kota Malang dan sekitarnya, untuk mengetahui perkembangan usaha. Pencatatan yang teratur salah satu syarat untuk mengakses permodalan, disinilah nanti OJK akan berperan untuk memfasilitasi,”  kata Widodo dalam sambutannya, sekaligus membuka acara workshop.

Pemaparan materi SEMAR MESEM secukupnya oleh narasumber, dilanjutkan langsung dengan praktek metode laporan keuangan tersebut oleh peserta kemudian sesi tanya jawab.

Para peserta menunjukkan semangat luar biasa untuk bertanya. Materi yang sederhana dan mudah diikuti oleh pengusaha UMKM menjadi daya tarik tersendiri, karena metode SEMAR MESEM memang sedikit mengesampingkan ilmu akutansi yang selama ini kurang dipahami oleh pengusaha UMKM yang hadir.

“Sangat bermanfaat sekali mas, nantinya saya bisa mengetahui omset usaha per bulan. Mudah dipraktekkan, kalau dicatat gini jadi berani ngambil, menikmati hasil usaha karena sudah jelas. Terima kasih,” jelas Aisyah, saat ditemui ketika acara berakhir. (HD)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*