Mutiara Equipment, Ladang Bisnis Irma Suryati

Mutiara Equipment
Foto : Irma Suryati dan produk buatannya

LoveusahaSetelah belasan kali ditolak dalam dunia pekerjaan kini Irma Suryati mampu menyulap kain perca menjadi ladang bisnis. Bukan hanya itu, lapangan pekerjaan juga mampu diciptakan.

Irma Suryati adalah penyandang disabilitas yang memiliki semangat tinggi. Wanita kelahiran 1975 ini mampu membuktikan kepada semua bahwa ia mampu menjadi penyandang disabilitas yang sukses hanya dari kain perca.

Irma Suryati menderita polio sejak kecil. Meskipun demikian Irma merupakan lulusan SMA N 1 Semarang. Setelah lulus dari sekolah Irma mencoba mencari pekerjaan namun hasilnya selalu ditolak karena alasan fisik. Rasa kecewanya dijadikan sebagai cambuk untuk tetap bersemangat.

Irma mencoba melakukan sesuatu yang bisa bermanfaat untuk dirinya dan sesamanya. Irma mencoba membuat kerajinan berupa keset dari kain perca yang diperoleh dari industri garmen di sekitar rumahnya.

Keset itu awalnya dipakai sendiri namun ternyata diminati tetangganya. Menikah dengan Agus Priyanto seorang penyandang disabilitas yang pandai melukis membuat Irma semakin bertekad menjadi pengrajin keset.

Untuk mendirikan usaha tersebut Irma harus menghubungi Dinas Sosial untuk permohonan mendapatkan modal usaha dan ia mendapat Rp 50.000. Uang digunakan untuk memproduksi sekitar 500 keset berbentuk oval, kotak dan bulat yang langsung ludes.

Tekad besarnya berhasil membuat usaha Mutiara Equipment ini berbuah manis. Kini ia mampu mempekerjakan sekitar 3000 penyandang disabilitas dari berbagai daerah. Selain itu pekerja seks dan waria juga dibina olehnya.

Hasil produksi Mutiara Equipment ini sudah dipasarkan ke beberapa negara. Omset setiap bulan mencapai puluhan juta. Selain mendapat apresiasi berupa pujian, Irma juga mendapat beberapa penghargaan baik dalam negeri maupun luar negeri seperti Jepang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*