Nasi Glewo, Kuliner Legendaris Yang Harus Dilestarikan

nasi glewo
Foto : Kuliner legendaris Nasi Glewo

Loveusaha – Nasi Glewo adalah salah satu kuliner warisan nusantara, makanan khas Semarang, eksis sejak tahun 1930-1970. Namun sayang, kini keberadaan nasi glewo jarang ditemukan.

Nasi glewo adalah masakan yang berbahan utama daging dan otot kaki sapi, diolah dengan berbagai bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri dan cabai.

Tidak lupa ditambahkan sedikit kencur untuk rasa dan aroma yang khas, terakhir diberi santan kelapa agar rasanya lebih gurih.

Rika Narulita, mengenal kuliner nasi ini dari ibu yang membuatkan nasi glewo untuknya. Rika ingat, dulu waktu masih kecil juga pernah diajak makan nasi tersebut di warung langganan ibu dan ayahnya.

Sebagai anak muda, hati Rika terketuk untuk kembali melestarikan warisan kuliner legendaris ini, agar tidak hilang dari peradaban. Berbekal resep yang diberikan ibunya, Rika memasak dan menjualnya pada tetangga juga teman-temannya.

Kini Rika membuka warung nasi glewo di Jl Batan Miroto rt 04 rw 02 Semarang. Semua proses ia jalani sendiri agar kualitas makanan tetap terjaga.

Mulai dari membeli daging dan koyor terbaik sebagai bahan utama, hingga proses memasaknya. Pelanggan Rika kebanyakan adalah orang tua yang ingin bernostalgia dengan kuliner lawas ini, mereka merasa senang bisa makan lagi nasi legendaris ini . Warung ini buka pukul 10.00-20.00 setiap harinya. Harganya juga tidak mahal, hanya 15 ribu saja. 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*