Nasi Mamong dan Tapai Ngambeng

nasi mamong

Loveusaha – Pernah nggak sih kalian kalau lagi piknik pasti bawa bekal makanan dari rumah? Kayaknya hampir semua orang yang mau piknik akan melakukan hal itu.

Nah berangkat dari kebiasaan membawa bekal inilah masyarakat Bondowoso membuat makanan ciri khas daerahnya bisa sampai terkenal ke telinga wisatawan Bondowoso.

Namanya nasi mamong, bentuk dan metode memasaknya pun unik serta dilakukan secara tradisional. Inspirasi dasar dari lahirnya nasi mamong ini adalah pada waktu kebiasaan masyarakat Bondowoso membawa bekal untuk piknik.

Dengan cara nasi panas yang di angin-anginkan sebentar lalu dibungkus berbentuk silinder menggunakan daun pisang kemudian diikat dengan tali bambu sebelum di kukus.

Dahulu nama resep dasar bekal itu adalah nasi tabeg. Metode memasak atau membawa bekal seperti ini membuat nasi nya tidak mudah basi sehingga bisa bertahan cukup lama.

Baca juga : https://www.loveusaha.com/jendela-usaha/warung-makan-sederhana-milik-mak-ti-tidak-pernah-sepi-pembeli/

Nasi mamong berbeda dengan nasi tabeg karena nasi mamong memiliki bentuk yang unik yaitu berbentuk kerucut dan nasi yang digunakan pun nasi gurih. Di dalam bungkusan nasi mamong ada ciri khas sambal yang sangat pedas.

Lauk yang menjadi isian nasi mamong juga tidak kalah mantap karena biasanya di dalam nasi mamong ada isian ayam, kemangi, teri, daun singkong yang ditumis.

Nasi mamong sebenarnya diambil dari bahasa daerah Madura yang artinya bingung. Bagaimana tidak bingung jika teknik memasaknya saja cukup sulit ditambah lagi ternyata masakan nasi mamong begitu lezat tiada tara.

Di ODL Resto n Cafe Bondowoso ternyata nasi mamong ini setelah dikukus lalu dibakar terlebih dahulu sebelum disajikan.

Biasanya menyantap satu bungkus nasi Mamong itu harus ditemani dengan minuman khas juga yaitu tapai ngambeng. sejenis minuman khas yang berbahan dasar tape, air gula dan juga air kapur yang disajikan dingin.

Minuman ini sangat cocok dikonsumsi saat musim dingin. Namun seiring perkembangan zaman terjadilah inovasi air yang digunakan yaitu air jahe.

Kalau anda sedang berada di kawasan Bondowoso ingin menikmati kuliner khas nasi mamong dan tapai ngambeng bisa datang ke ODL resto yang berada di jalan nangkaan Timur Bondowoso, jam bukanya setiap hari dari jam 07.00 sampai jam 16.00 wib dengan nomor telepon 0852-3542-6999. (rl)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*