Nikmatnya Nasi Krawu, Usaha Kuliner Khas Gresik

nasi krawu
Foto : Nasi Krawu khas Gresik

Loveusaha – Gresik terkenal dengan sebutan Kota Wali karena banyak destinasi religinya. Selain itu, kota ini merupakan kota yang memiliki kuliner khas yaitu Nasi Krawu.

Nasi Krawu merupakan kuliner khas Gresik, terbilang makanan yang unik dan kental akan ke tradisionalan nya. Mengapa demikian? karena  kuliner ini mempunyai ciri tersendiri yaitu pulen atau empuk dan enak. Dan juga bentuk atau cara penyajian nya yang disajikan dengan daun pisang.

Asal mula nama dari kuliner yang satu ini berasal dari kata istilah krawuk yang menurut masyarakat Gresik berarti “mengambil sembarang dengan tangan”.

Istilah atau penamaan kuliner ini dibuat karena banyak penjual kuliner khas ini yang melayani pelanggan maupun menyajikan kuliner khas Gresik ini menggunakan tangan.

Hingga pada akhirnya banyak orang yang menyebutnya dengan sebutan Nasi Krawu. Kuliner ini walaupun terkenal di Gresik , tapi sebenarnya berasal dari Madura.

Karena pada waktu itu banyak pendatang Madura yang berbondong-bondong ke Gresik untuk mencoba berjualan di sana. Hingga pada akhirnya karena makanan tersebut memiliki cita rasa yg khas dan sangat nikmat,

Maka banyak masyarakat Gresik yang mulai mengenalnya dan menjadi salah satu Kuliner Khas Kota Wali tersebut.

Nasi Krawu dari nasi dan beberapa menu pelengkap lainnya seperti daging suwir dan serundeng yang disajikan dalam dua variasi warna yakni, kuning dan merah,sambal serta poyah yang dibuat dari parutan kelapa.

Daging suwir adalah daging yang di suwir-suwir atau daging yang dirobek-robek yaitu daging sapi yang sudah dimasak bersama dengan jeroan sapi seperti usus, hati, babat.

Cara penyajiannya pun menggunakan daun pisang atau pincuk sebagai wadah. Harga Nasi Krawu ini Rp. 15.000 untuk satu porsi, murah bukan ? Di masyarakat ada kalimat tidak lengkap bila ke Gresik belum mencoba kuliner yang satu ini. (an)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*