Pantai Klayar, Keindahan Pantai Pasir Putih yang Tersembunyi

pantai klayar

Loveusaha Saat menyebut Kabupaten Pacitan mungkin Anda akan langsung berfikir mengenai tempat kelahiran Presiden Ke-6 Negara Indonesia. Selain itu bagi para wisatawan Pacitan terkenal dengan sebutan Kota Seribu Gua. Namun jangan salah terdapat pantai yang indah yang patut untuk dikunjungi.

Pantai Klayar adalah salah satu wisata alam yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan. Lokasi pantainya mungkin sedikit tersembunyi, namun tak akan sebanding dengan keindahan panoramana alamnya.

Lokasi Pantai Klayar berbatasan dengan Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Tepatnya berada di Desa Klatak, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan. Jarak dengan pusat Kota sekitar 40 km.

Anda yang ingin mengunjungi Pantai Klayar dapat memanfaatkan jalur bis arah Solo Pacitan. Selanjutnya belok kiri di pertigaan Dadapan lanjut belok ke arah kanan. Setelah tiba di Desa Candi dapat berjalan lurus mengikuti arah jalan tersebut sampai pada pertigaan selanjutnya. Setelah itu ikuti papan petunjuk yang mengarah ke Pantai Klayar.

Baca juga : https://www.loveusaha.com/berita/spot-foto-instagramable-ala-jepang-di-taman-genilangit/

Untuk yang datang dari Arah Jogja, Anda bisa mengambil jalur melalui Kota Wonosari yang berada di Gunungkidul. Dari sana lanjutkan perjalanan ke Pracimontoro. Setelah itu memasuki wilayah Giribeleh yang akan melewati pegunungan. Kemudian carilah tulisan papan nama Pantai Klayar dan ikuti petunjuk arahnya.

Saat berada di Pantai Klayar mata Anda akan di manjakan dengan pasir putih yang terbentang sangat luas. Pantai yang masih masuk ke dalam pantai selatan ini juga akan menampilkan ombaknya yang sangat besar. Bagi wisatawan tidak disarankan untuk berenang di Pantai.

Salah satu batu besar yang berada di sekeliling pantai menambah keindahan panorama alam saat berada di Pantai Klayar. Terdapat pula tebing dengan tinggi sekitar 50 meter yang berada di tengah pantai dan bebatuan yang mirip dengan Sphinx.

Uniknya lagi terdapat atraksi air mancur alami yang ketinggiannya mencapai 10 meter. Fenomena alam ini terjadi karena tekanan tinggi air laut yang masuk melalui bagian bawah bebatuan di sekitar pantai. Anda juga dapat menyewa ATV untuk menyusuri bibir Pantai Klayar.

Fasilitas yang ada di Pantai Klayar adalah tempat parkir yang sangat luas. Selain itu kamar mandi yang disediakan sangat bersih. Tak ketinggalan terdapat pula tempat makan serta pusat belanja untuk buah tangan.

Harga tiket masuk di Pantai Klayar cukup terjangkau. Untuk dewasa cukup membayar Rp.10.000- dan untuk anak-anak Rp.5.000-. Untuk parkir roda dua Rp.2000- dan kendaraan roda empat Rp.5.000-. Saat musim liburan tiba cobalah untuk mengunjunginya bersama dengan keluarga, pasangan, ataupun sahabat. (n2)