Pelatihan Perluasan Pasar Ekspor

pasar ekspor

Loveusaha – Perluasan pasar ekspor merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam membuka dan memperluas peluang pasar produk-produk Indonesia ke negara lainnya. Hal ini tentunya dapat menjadi berita yang cukup baik untuk kalangan pelaku usaha.

Selain masalah perluasan perdangan, hal lain yang sangat penting adalah mengenai National Branding. Tentunya juga akan banyak negera yang mengetahui produk buatan Negara Indonesia.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang penting yang dapat diperhatikan untuk dapat melakukan perluasan pasar ekspor, yaitu:

  • Menambah Nilai

Dalam hal ini akan sangat berpengaruh dari varian produk beragam saling menunjang. Beberapa produk lainnya jika digabungkan dapat menjadi pembeda dan daya tarik tersendiri bagi konsumen. Salah satu contohnya adalah kain batik yang dipadukan menjadi pakaian atau pun tas dengan menggunakan modifikasi batik.

Baca juga : https://www.loveusaha.com/berita/warung-bandeng-tanpa-duri-ingin-buka-cabang-untuk-memperluas-segmentasi-pasar/

Karena batiklah Indonesia menjadi banyak dikenal di mata dunia dan banyak negara lain yang menyukai produk khas ini. Tentu dari modifikasi menjadi pakaian atau lainnya menambah nilai produk secara harga dapat lebih tinggi.

  • Mengetahui Kebutuhan Pasar

Sebelum mengetahui akan kebutuhan pasar tentunya Anda harus melakukan riset awal untuk membuat perencanaan dan strategi pemasaran. Tujuannya adalah agar segmentasi yang dibidik akan sesuai dengan harapan Anda.

Jika riset dilakukan dengan sangat matang dan mengamati berbagai macam sumber, tentunya akan menghasilkan perencanaan yang baik untuk perluasan pasar. Selain itu strategi pemasaran juga dapat dirancang sesuai dengan kebutuhan pasar dan bermanfaat untuk kemajuan bisnis.

  • Grouping produk sesuai kebutuhan

Langkah penting dalam hal ini adalah membuat checklist produk lain yang dapat menunjang produk utama secara sistemik. Anda bisa mencari beberapa jenis produk, kemudian pertimbangkan kelebihan dan kekurangannya. Buat daftar yang paling sesuai dari urutan ke atas hingga bawah. Tentukan beberapa yang terbaik dan lakukan kerjasama. (n1)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*