Peluang Usaha Budidaya Ikan Lele, Modal Kecil Hasil Berlipat

Loveusaha – Memiliki usaha sendiri merupakan impian semua orang. Ketertarikan dengan usaha bisnis, grafiknya dari tahun ke tahun selalu mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Penyebabnya adalah peluang mendapatkan keuntungan yang cukup besar untuk meraih kesuksesan.

Jenis-jenis usaha ada sangat banyak diantaranya adalah kuliner, properti, jasa, fashion, kosmetik, pertanian dan perkebunan, peternakan, perikanan kesehatan hingga pendidikan. Salah satu jenis bisnis yang belakangan ini mulai ramai diminati adalah budidaya ikan lele.

Alasan mengapa peluang usaha ikan lele, menjadi banyak peminat adalah modal yang diperlukan tidak cukup besar. Tempat yang dibutuhkan untuk membuat kolam pun sangat bervariasi mulai dari satu kolam saja hingga beberapa kolam. Selain itu tidak memerlukan pengalaman khusus bagi pemilik bisnis.

Keunggulan lain dari usaha budidaya ikan lele adalah banyaknya masyarakat yang menyukai olahan ini. Tingkat kebutuhan di pasaran pun sangat tinggi. Mulai dari rumah makan besar hingga warung di tenda di pinggir jalan membutuhkannya.

Baca juga : https://www.loveusaha.com/jendela-usaha/tips-memulai-bisnis-properti-bagi-pemula/

Untuk memulai usaha ini pun tidak terlalu mengeluarkan biaya yang cukup besar yaitu Rp3.000.000. Uang tersebut akan digunakan untuk membeli bibit ikan lele beserta pakannya, pembuatan kolam, dan biaya operasional lainnya untuk jangka waktu satu bulan.

Hasil dari usaha budidaya ikan lele dapat dinikmati selama kurang lebih 3 bulan. Ketika waktunya telah tiba untuk memanen ikan, modal Anda akan tiga tiga hingga lima kali lipat. Sangat menggiurkan bukan. Namun Anda perlu tahu keuntungan dan kesulitan saat menjalankan bisnis ini, yaitu:

Keuntungan Menjalankan Usaha Budidaya Ikan Lele

  1. Ikan lebih mudah beradaptasi.
  2. Bibit ikan lele yang mudah didapatkan.
  3. Penjualan dan distribusi cenderung sangat mudah.

Kesulitan Menjalankan  Usaha Budidaya Ikan Lele

  1. Ancaman hama dan penyakit di sekitar lingkungan.
  2. Kolam ikan membutuhkan perawatan yang ekstra.
  3. Perawatan budidaya ikan lele sangat telaten.

Semua usaha tentunyamemiliki resiko. Sebagai pelaku usaha Anda harus mampu untuk mengatasinya. Kunci dari usaha ini adalah telaten dan sabar. Selain itu Anda harus benar-benar memperhatikan bibit dan pakan ikan lele, kualitas air dan ketinggiannya serta melakukan pengecekan secara rucin terhadap kolam dan kondisi ikan lele. (n3)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*