Peluang Usaha Modal Kecil Bagi Fresh Graduate

fresh graduate

Loveusaha – Anda baru lulus kuliah dan sibuk mencari pekerjaan???. Tentu saat ini mencari pekerjaan sangat sulit. Namun bagi para mahasiswa yang baru lulus tak perlu khawatir memikirkan tentang penghasilan.

Sambil menunggu mendapatkan panggilan pekerjaan atau Anda tidak ingin bekerja secara terikat dan harus mengikuti banyak aturan perusahaan. Cobalah untuk menjalankan sebuah usaha secara mandiri yang tidak memerlukan banyak modal.

Skill dan pengetahuan yang telah Anda dapatkan, selanjutnya dapat dicoba untuk menjadi ladang mencari penghasilan. Berikut ini adalah beberapa jenis usaha yang cocok bagi para fresh graduate.

  • Membuka Jasa Aneka Desain dan Percetakan

Usaha yang satu ini dapat dicoba oleh mahasiswa yang kuliah dengan jurusan desain. Bermodalkan dengan laptop dan juga printer sudah dapat menjadi ladang uang Anda.

Beberapa jenis layanan yang dapat Anda tawarkan seperti desain logo, kartu nama, poster, undangan, hingga keperluan flayer untuk pengusaha yang bergerak di bidang sosial media.

  • Membuka Les Privat dan Kursus

Bagi yang lulus dengan latar belakang pendidikan sangat cocok untuk mencobanya. Memulainya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mempromosikan jenis usaha jasa ini melalui online atau offline. Layananan yang dapat diberikan pun dapat secara langsung datang ke rumah atau mengunjungi ke tempat Anda.

Baca juga : https://www.loveusaha.com/berita/nasi-macan-bu-banjir-enak-dijamin-kenyang/

Dapat di ilustrasikan jika dalam satu hari terdapat dua siswa yang mengikuti les privat atau kursus dengan biaya per jam sebesar tiga puluh ribu rupiah, tentu sudah sangat kelihatan hasil yang dapat masuk ke kantong alias dompet.

  • Membuka Jasa Freelance

Saat ini banyak sekali perusahaan yang mulai memilih menggunakan jasa freelance. Mulai dari bagian video editor hingga keuangan. Hal itu tentu dapat menjadi peluang yang bagus yang dapat Anda coba.

Anda juga bisa membuat usaha ini secara individu atau berkelompok dengan teman jurusan Anda. Jika berkelompok tentunya modal menjadi lebih besar dan dapat dengan cepat melakukan legalitas usaha.

  • Menjadi Teknisi

Untuk usaha yang satu ini sangat cocok dicoba bagi para mahasiswa alumni dari teknik otomatif atau informatika. Jika otomatif tentu Anda dapat membuka bengkel sendiri secara kecil-kecilan. Bekal saat kuliah dapat langsung diterapkan.

Hal tersebut juga berlaku yang sama bagi lulusan informatika. yakinlah bahwa membuka usaha sendiri lebih dipilih banyak orang dan sangat menguntungkan. Kalau bisa membuka peluang usaha sendiri kenapa harus bekerja di perusahaan orang ??? Selamat mencoba. (n1)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*