Pengembangan Lembaga Keuangan Mikro / Syariah (LKM/S)

mikro syariah

Loveusaha – Layanan lain yang dilakukan PNM yaitu melalui Divisi JML berupa pembiayaan kepada Lembaga Keuangan Mikro/Syariah (LKM/S), terutama untuk pengembangan UMK yang berorientasi ekspor.

Beberapa pembiayaan yang telah dilakukan antara lain dukungan modal kerja kepada Koperasi kebun Kelapa sawit di sumatera dan Kalimantan serta kerajinan di Jawa, bali, dan lain-lain.

Saat ini, sumber dana untuk pembiayaan LKM/S antara lain dana Kredit Program untuk UMK dari Kementerian Keuangan (d/h SUP 005), kerjasama dengan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), serta dana internal perusahaan.

Baca juga : https://www.loveusaha.com/jendela-usaha/lulusan-restoran-elit-yang-sukses-berbisnis-kuliner/

Pembiayaan LKM/S ini lebih diprioritaskan untuk sektor-sektor yang berorientasi ekspor atau mendukung ekspor. Dalam hal ini PNM juga melalui Divisi JML melakukan pembinaan kepada koperasi atau LKM/S dan anggotanya, agar pembiayaan yang diberikan bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Beberapa jenis pembinaan antara lain berupa dukungan teknologi informasi dan penyusunan SOP bagi koperasi atau (LKM/S). Sedangkan untuk pelaku UMK yang menjadi anggota atau nasabah diberikan pelatihan antara lain menyangkut kewirausahaan, teknis produksi, laporan keuangan dan lain-lain.

Dimasa yang akan datang PNM akan lebih mengembangkan pembiayaan untuk LKM/S lainnya, terutama yang banyak membiayai nasabah atau anggota yang berorientasi ekspor, serta kelompok-kelompok UMK binaan PNM lainnya.

Lama masa pembiayaan ini berlangsung antara 3-5 tahun dengan jaminan berupa aktiva tetap. PNM juga melakukan pembinaan, pemberdayaan, penyertaan modal dan pembiayaan kepada sektor tersebut. (n5)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*