Pentingnya Melakukan Pembukuan untuk UMKM

pembukuan umkm

Loveusaha – Berbicara mengenai keuangan tentu semua sektor membutuhkannya. Tak hanya instansi, perusahaan, dan badan usaha saja yang memerlukannya. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sangat perlu untuk memilikinya.

Mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah tidaklah mudah, ada banyak hal yang harus dilakukan. Salah satunya adalah membuat pembukuan. Sayangnya pelaku UMKM kurang memperhatikan masalah ini.

Lalu apa sebenarnya pentingnya pembukuan untuk UMKM? Anda dapat menemukan jawabannya secara rinci sebagai berikut, yaitu:

  • Untuk Mengetahui Keuntungan dan Kerugian

Dengan UMKM melakukan pembukuan tentu dapat melihat kerugian atau keuntungan dari menjalankan usaha. Selain itu juga mengetahui mengenai jumlah hutang, aset dan modal yang dimiliki.

  • Sebagai Alat Penilaian

Untuk mengetahui jumlah transaksi keuangan dalam usaha diperlukan pembukuan. Dari mengerjakan hal tersebut dapat menjadi alat penilaian dan arsip dokumen tentang semua jenis pembayaran. Selain itu dapat melihat jumlah uang yang masuk dan keluar.

  • Mudah Mengontrol Keuangan

Setiap pembayaran dalam usaha perlu dicatat dengan rinci dan jelas. Biaya produksi dan operasional sangat penting untuk di masukkan ke dalam pembukuan. Dengan melakukan hal tersebut, rincian semua dana dalam UMKM terpantau dengan jelas untuk periode tertentu.

  • Memudahkan Perhitungan Pajak

Semua pengusaha wajib untuk melakukan pembayaran pajak. Dalam menghitung besaran pajak yang harus dibayarkan harus dihitung secara berhati-hati. Jika salah perhitungan maka akan sangat merugikan bagi UMKM. Agar perhitungan pajak tidak mengalamai kesalahan, maka sangat perlu melakukan pembukuan dari usaha yang sedang dijalankan. Jumlah pembayaran pajak akan mudah dihitung karena keuangan terlihat tertata dengan rinci dan jelas.

  • Alat Untuk Mengambil Keputusan

Alasan selanjutnya pentingnya melakukan pembukuan bagi UMKM yaitu memudahkan dalam mendapatkan pinjaman modal dari bank. Jika usaha yang sedang dijalankan memiliki pembukuan yang jelas, maka bank dapat memberikan penilaian dan menetapkan apakah layak diberikan bantuan dana atau tidak.  (n2)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*