Perjalanan Pebisnis Nasional Aksa Mahmud

aksa mahmud
Photo: Aksa Mahmud (doc.Forbes)

Loveusaha – Mendengar namanya, mungkin agak aneh di telinga Anda. Tapi tahukah Anda jika Aksa Mahmud yang merupakan teman dekat wakil presiden kita Jusuf Kalla masuk dalam jajaran terkaya dalam no. 30 versi majalah Forbes.

Aksa dilahirkan bukan dari keluarga berada. Orang tuanya hanya petani bahkan mereka berjualan es dan kurma. Naluri bisnisnya telah terbangun sejak kecil.

Hingga akhirnya ia bisa melanjutkan kuliahnya di Universitas Hasanudin, Makassar. Di kampus ini dia bertemu dengan teman barunya, Jusuf Kalla.

Adalah Haji Kalla yang merupakan ayah dari Jusuf Kalla. Tidak hanya itu, Aksa akhirnya dikawinkan dengan putri Haji Kalla.

Setelah 3 tahun bekerja dengan ayah mertuanya, Aksa memutuskan untuk membuka usahanya sendiri. Berbekal dana pinjaman bank, Aksa memberanikan diri menjadi distributor kendaraan Datsun di Makassar.

Dan akhirnya Aksa mampu mendirikan PT. Bosowa Berlian Motor dan dipercaya Jepang sebagai distributor Mitsubishi dan Mercedes Benz untuk Indonesia Timur.

Dan sekarang dia juga punya perusahaan semen bernama PT. Semen Bosowa Maros dan juga perusahaan pembiayaan. Sampai sekarang banyak perusahaan yang berdiri di bawah bendera Bosowa Corporation yang dipimpin oleh Aksa. (ary)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*