Perjalanan Sukses Bakso Malang Cak Eko

bakso cak eko
Foto : Varian Bakso Cak Eko (doc.Instagram)

Loveusaha Bukan gelar insinyur yang membawa Henky Eko Sriyantono sukses menggeluti bisnis kuliner. Sikap pantang menyerahlah yang menjadi modal utama lulusan teknik sipil ini dalam meraih kesuksesan.

Saat ini, bisnis bakso Malang Cak Cak Eko, demikian ia biasa dipanggil, pernah bekerja sebagai kontraktor. Namun ia gelisah. Ia bermimpi ingin bisa membangun bisnis sendiri.

Dengan mimpinya itu ia berharap bisa membuka lapangan kerja bagi orang lain. Ia pun menggeluti 11 jenis usaha sejak tahun 1997, mulai dari multi level marketing (MLM), agrobisnis tanaman jahe, bisnis pakaian muslim, katering, bisnis barang-barang kerajinan, dan sebagainya.

Namun keuntungannya tidak seberapa. Usahanya pun banyak yang jatuh bangun. Tapi ia tidak pernah berhenti mencoba. Kegagalan-kegagalan usaha yang dialaminya justru membuatnya semakin optimistis.

Cak Eko pun banting setir untuk mulai masuk ke dunia kuliner, dengan membangun usaha bakso Malang. Hari itu di tahun 2006, ia sedang berada di Bandara Soekarno Hatta. Di sana ia melihat sebuah kedai bakso yang ramai pengunjung. Seketika timbullah idenya untuk membuka Warung Bakso Malang khas Jawa Timur.

Kala itu ia bukanlah seorang ahli pembuat bakso. Namun hobi memasak sejak SMA dan tekad kuatlah yang dimilikinya itulah, yang membawa langkahnya hingga ke Surabaya hanya untuk berguru meracik Bakso Malang dengan rasa pas dan original.

Setelah mendapatkan rasa bakso Malang yang pas, ia pun menguji resepnya itu pada teman-temannya. Di luar dugaan, teman-temannya mendukung upayanya itu.

Semua membutuhkan usaha dan kerja keras. Sedangkan untuk megatasi kompetitor, menurut Cak Eko yang utama adalah diferensiasi produk. Kualitas produk harus tetap dijaga. Produk usaha haruslah unik dan pengusaha harus senantiasa berinovasi, terutama dalam hal promosi.

Saat ini Cak Eko telah merambah bidang usaha yang lain, yakni bisnis laundry kiloan bernama Simpliklin Laundry. Bakso Cak Eko miliknya juga telah memiliki sedikitnya 101 gerai di seluruh penjuru Tanah Air. (***)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*