Pisang Plenet, Usaha Jajanan Tempo Doeloe

pisang plenet
Foto : Jajanan pisang plenet

LoveusahaMungkin tidak banyak orang yang tahu, kalau Pisang plenet adalah jajanan tradisional khas Semarang yang eksis sejak tahun 1952.

Jenis pisang yang dipilih untuk membuat jajanan ini adalah pisang kepok, teksturnya yang lembut membuatnya mudah saat diplenet dan dibakar.

Rasa pisangnya juga lebih manis dan legit. Mirip dengan pisang nugget yang populer jaman sekarang. Bedanya pisang nugget diolah dengan cara digoreng.

Jajanan ini memang sudah mulai langka, tapi di kawasan Jl Pemuda no 25, Pandansari Kota Semarang masih ada yang tetap setia berjualan pisang plenet.

Perintis awal pisang plenet Jl Pemuda adalah mbah Jafar, beliau berjualan sejak tahun 1952, kemudian diteruskan oleh anaknya Turdie dan sampai sekarang dikelola oleh cucunya Triono. Mereka tetap bertahan, tidak kalah saing dengan aneka makanan yang lebih modern.

Rasa dan aroma pisang ini sangat khas, karena dibakar menggunakan alat tradisional yaitu arang. Ada berbagai varian rasa yang dapat kita pilih antara lain, keju, selai stawbery, selai nanas dan meses coklat, ada juga topping kacang dan tepung gula.

Harganya juga terjangkau 8 ribu saja, jika ingin kombinasi rasa, cukup membayar 10 ribu. Pelanggan jajanan ini tidak hanya berasal dari kota Semarang saja. Tapi juga banyak wisatawan kota lain yang membeli pisang plenet untuk dijadikan oleh-oleh. 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*