Potensi Bisnis Pariwisata Air Terjun Madakaripura

madakaripura

Loveusaha – Probolinggo memang salah satu kabupaten yang berada di Jawa Timur yang terkenal dengan olahan makanan lautnya. Saat Anda sedang berada di kota singgah menuju Gunung Bromo jangan lupa untuk mengunjungi wisata alamnya.

Salah satu wisata alam yang sangat terkenal di Kabupaten Probolinggo adalah Air Terjun Madakaripura. Destinasi ini terletak di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur.

Air Terjun Madakaripura berjarak sekitar 1 jam dari Kabupaten Probolinggo atau sekitar 37 kilometer. Wilayah ini mempunyai pengelolaan yang jelas di mana aktivitas wisatawan dipantau diawasi oleh tim khusus.

Nama Madakaripura diambil dari kata “Mada” yang mengacu pada Gajah Mada. Sedangkan kata “Kari” berarti peninggalan dan “Pura” berarti tempat untuk beribadah atau bertapa.

Baca juga : https://www.loveusaha.com/berita/keindahan-gulungan-ombak-pantai-ngudel-di-era-new-normal/

Air terjun ini dipercaya sebagai tempat yang pernah digunakan oleh Patih dari Kerajaan Majapahit untuk melakukan pertapaan. Hal ini didukung dengan adanya arca Gajah Mada yang ada di area tempat parkir wisata ini. Arca tersebut mengawali perjalanan berjalanan kaki menuju lokasi air terjun.

Agar dapat melihat panorama keindahan Air Terjun Madakaripura, Anda harus melewati kawasan hutan terlebih dahulu. Waktu yang diperlukan sekitar 1 jam dan hanya di tempuh dengan jalan kaki.

Sepanjang perjalanan menuju puncak air terjun, Anda akan ditemani dengan tebing berwarna hijau di kanan dan kiri sungai. Saat musim penghujan telah tiba, tampak beberapa air terjun kecil muncul dan tampak mengalir di sela-sela tebing.

Air Terjun Madakaripura terletak di Lereng Gunung Bromo pada ketinggian 1000 mdpl. Hawanya yang sejuk berpadu dengan hijaunya suasana yang nampak sangat asri.

Madakaripura dijuluki sebagai air terjun abadi karena memiliki debit air yang selalu melimpah meskipun pada saat musim kemarau. Tak hanya itu kondisi airnya selalu nampak jernih dan terasa sangat segar.

Jam operasional Air Terjun Madakaripura setiap senin-minggu yang dimulai pada pukul 08.00-16.00 WIB. Untuk harga tiket masuk pada Hari Senin sampai Jumat berkisar Rp.16.000- dan pada hari libur Rp.18.000-.  Saat libur akhir pekan tiba cobalah untuk mengunjungi destinasi wisata alam ini. (n3)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*